Satu Bapaslon Bupati Muna Barat Tunda Mendaftar, Ini Alasannya

Putri Wulandari, telisik indonesia
Jumat, 30 Agustus 2024
0 dilihat
Satu Bapaslon Bupati Muna Barat Tunda Mendaftar, Ini Alasannya
Calon wakil bupati Muna Barat, AKBP (Purn) Wa Ode Saryna (tengah) bersama tim saat melakukan sesi wawancara dengan awak media. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Bakal pasangan calon (bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Muna Barat, Muhammad Fajar Hasan - AKBP (Purn) Wa Ode Saryna, menunda pendaftaran pencalonannya ke KPU jelang akhir masa pendaftaran "

MUNA BARAT, TELISIK.ID – Bakal pasangan calon (bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Muna Barat, Muhammad Fajar Hasan - AKBP (Purn) Wa Ode Saryna, menunda pendaftaran pencalonannya ke KPU jelang akhir masa pendaftaran, Kamis (29/8/2024).

Akhir masa pendaftaran bapaslon kepala daerah, sesuai tahapan dan jadwal, adalah Kamis (29/8/2024) malam pukul 23:59 waktu setempat.

Hingga memasuki akhir masa pendaftaran, baru satu bapaslon yang telah mendaftarkan pencalonannya ke KPU Muna Barat, yakni pasangan La Ode Darwin - Ali Basa.

Pantauan telisik.id, awalnya LO (liaison officer/petugas penghubung, red) dari bapaslon La Ode Muhammad Amsar - Munarti bersama dengan LO La Ode Darwin - Ali Basa mengonfirmasi ke KPU terkait registrasi pendaftaran.

Tetapi kemudian pasangan La Ode Muhammad Amsar - Munarti tidak jadi mendaftar.

Baca Juga: La Ode Darwin - Ali Basa dengan Liwu Mokesa Rencana Bangun Muna Barat Lewat Tiga Sektor

Kemudian setelah beberapa saat, LO Muhammad Fajar Hasan juga turut melakukan konfirmasi terkait registrasi pendaftaran bapaslon bupati dan wakil bupati Muna Barat. Namun, bapaslon belum ada kepastian untuk bisa datang ke kantor KPU.  

Tim pendukung dan simpatisan lalu menjemput Fajar Hasan di pelabuhan Fery Tampo, Kabupaten Muna. Tapi hingga pukul 21:30 Wita, pendaftaran bapaslon dinyatakan ditunda.

Awak media kemudian menyambangi kediaman AKBP (Purn) Wa Ode Saryna untuk mengkonfirmasi alasan menunda pendaftaran pencalonnya bersama Fajar Hasan ke KPU.

Menanggapi hal tersebut, juru bicara AKBP (Purn) Wa Ode Saryna, Lasbar Alingkohan, mengatakan tim masih menyiapkan beberapa dokumen persyaratan pencalonan sesuai yang telah ditetapkan oleh KPU.

Lasbar memastikan keseriusan bapaslon untuk mendaftar ke KPU sudah sangat maksimal. Dia pun mengatakan masih menunggu perpanjangan masa pendaftaran sambil melengkapi dokumen yang disyaratkan.

“Satu dua hari ini kejelasannya, kita lengkapi dulu semua syarat yang dibutuhkan di KPU,” ujar Lasbar, Kamis (29/8/2024) malam.

Saat dikonfirmasi terkait partai politik yang mengusung bapaslon, Lasbar belum bersedia membocorkan.

Baca Juga: Daftar di KPU, Balon Bupati Muna Barat La Ode Darwin-Ali Basa Jalan Kaki Bersama Pendukung dan Simpatisan

Sementara itu, ketua KPU Muna Barat, La Tajudin, mengatakan bahwa berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 8 Tahun 2024 sebagaimana telah diubah dengan PKPU Nomor 10 Tahun 2024 serta Keputusan KPU Nomor 1229 tahun 2024 tentang Pedoman Teknis Pendaftaran Bapaslon, KPU siap memperpanjang masa pendaftaran jika diperlukan.

Untuk itu, kata La Tajudin, jika di Kabupaten Muna Barat yang melakukan pendaftaran hanya satu bapaslon hingga 29 Agustus 2024 pukul 23:59 maka pendaftaran akan diperpanjang.

Kemudian setelah melakukan perpanjangan masa pendaftaran akan dilakukan sosialisasi terkait pendaftaran bapaslon.

Tetapi setelah tiga hari masa perpanjangan hanya ada satu bapaslon, Tajudin mengatakan pihaknya akan melakukan proses pemilihan dengan satu bapaslon.

“Masih menunggu hingga batas akhir pendaftaran. Saat ini baru bapaslon La Ode Darwin - Ali Basa yang resmi mendaftar,” jelas Tajudin. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga