Satu Komisioner KPU Dilapor ke Bawaslu

Sunaryo, telisik indonesia
Selasa, 03 November 2020
0 dilihat
Satu Komisioner KPU Dilapor ke Bawaslu
Komisioner KPU Muna, Muhamad Ichsan saat ditenangkan. Foto: Ist.

" Kita sayangkan seharusnya sebagai penyelenggara Pilkada, Ichsan menyampaikan dengan jujur dan terbuka hasil tes itu. Bukannya melakukan hal-hal yang tidak etis dengan menantang Pak Lurah yang sama sekali tidak tahu persoalan. "

MUNA, TELISIK.ID - Komisioner KPU Muna, Muhamad Ichsan dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) karena diduga melanggar kode etik.

Pelaporan dilakukan oleh warga bernama Sitti Hamna, Selasa (3/11/2020). Hamna melaporkan Ichsan karena melakukan perbuatan tidak menyenangkan di Kelurahan Raha I, seperti yang videonya telah beredar luas di jejaring Media Sosial (Medsos).

Hamna menerangkan, saat kejadian Lurah Raha I, LM Iksan dan Komisioner KPU, Muhamad Ichsan yang nyaris terlibat adu jotos, bermula ketika ada tanggapan masyarakat terkait pengumuman KPPS.

Ia saat itu melakukan pencegahan karena tiga dari peserta yang lolos diduga menggunakan ijazah palsu. Ketika proses mediasi telah selesai dilakukan oleh PPK dan panitia, tiba-tiba muncul komisioner KPU, Muhamad Ichsan yang membuat gaduh.

"Kita sayangkan seharusnya sebagai penyelenggara Pilkada, Ichsan menyampaikan dengan jujur dan terbuka hasil tes itu. Bukannya melakukan hal-hal yang tidak etis dengan menantang Pak Lurah yang sama sekali tidak tahu persoalan," ungkapnya.

Selain Ichsan, ia juga mengadukan panitia perekrutan KPPS Kelurahan Raha I terkait meloloskan peserta yang diduga menggunakan ijazah palsu.

Baca juga: Realita Ketidaknetralan ASN karena Jabatan

Sementara itu, Ketua Bawaslu Muna, Al Abzal Naim membenarkan telah menerima aduan terkait pelanggaran kode etik yang diduga dilakukan salah satu komisioner KPU dan panitia perekrutan KPPS.

"Laporannya sudah diterima dan kami masih melakukan pendalaman," katanya.

Sebelumnya, telah beredar video berdurasi 4.19 menit yang tampak terlihat, Lurah Raha I, LM lksan dan Ichsan terlibat pertengkaran dan nyaris adu jotos.

Keduanya nampak dilerai oleh PPK dan personil TNI. Bahkan, salah satu kepala lingkungan menenangkan Ichsan saat digiring di depan kantor oleh anggota TNI juga kena semprot.

Bukan hanya paman Lurah, Ashadi menjadi bulan-bulanan sang komisioner itu. Dalam video tersebut, Ichsan meminta Ashadi agar menyuruh kemenakannya (Lurah) diam.

"Komorang (kalian) tidak tahu saya kah. Siapa kah yang komorang andalkan," kata Ichsan dalam video itu. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga