adplus-dvertising

Satu Pasien Cacar Monyet di Indonesia Sembuh

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 29 Agustus 2022
247 dilihat
Satu Pasien Cacar Monyet di Indonesia Sembuh
Satu pasien cacar monyet yang sempat terkonfirmasi sudah sembuh. Foto: Repro Freepik.com

" Pasien pertama yang terkonfirmasi cacar monyet atau monkeypox di Indonesia kini sudah sembuh "

JAKARTA, TELISIK.ID - Pasien pertama yang terkonfirmasi cacar monyet atau monkeypox di Indonesia kini sudah sembuh.

Hal tersebut disampaikan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Dimana berdasarkan pemeriksaan laboratorium, pasien laki-laki berusia 27 tahun asal DKI Jakarta itu sudah negatif cacar monyet.

"Pasien yang positif [cacar monyet] sudah sembuh dan sudah negatif," kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu, dikutip CNNIndonesia.com, Senin (29/8/2022).


Maxi melaporkan, per 28 Agustus, 38 suspek cacar monyet di RI secara keseluruhan sudah dinyatakan negatif atau discarded. Sebanyak 38 orang itu berasal dari sembilan provinsi di Indonesia, di antaranya DKI, Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Lebih lanjut, selain menghimbau warga untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan, Maxi juga meminta warga yang mengalami gejala cacar monyet segera melapor dan memeriksakan diri di fasilitas kesehatan terdekat.

Baca Juga: Pemerintah Target Distribusi Vaksin Cacar Monyet Akhir Tahun Ini

Hak itu harap dilakukan agar dapat mendapatkan diagnosis serta penanganan lebih lanjut.

Ia mengungkapkan, lima gejala yang paling banyak ditemukan dari pasien cacar monyet adalah demam atau panas, kelainan pada kulit, bintik-bintik merah, vesikel berisi cairan atau nanah dan yang paling khas pembengkakan kelenjar getah bening pada leher dan selangkangan.

Sebelumnya, dikutip dari Suara.com, pemerintah melalui Kemenkes mengumumkan satu kasus konfirmasi positif cacar monyet di Jakarta, pada pasien berusia 27 tahun.

Baca Juga: Tarif Baru Ojol Segera Berlaku, Cek Wilayahnya

Dimana pasien ini baru saja bepergian dari luar negeri dan mengalami gejala demam pada 14 Agustus 2022.

Adapun kasus konfirmasi cacar monyet ini merupakan kasus ke-23 yang diperiksa Kemenkes. Dimana 22 kasus sebelumnya suspek atau dicurigai hingga discard atau disingkirkan karena negatif tes PCR cacar monyet.

Sedangkan untuk satu kasus ini, dinyatakan positif melalui tes PCR selama dua hari. Apalagi ia memiliki masa inkubasi yang lama yaitu 21 hari sebelum akhirnya menimbulkan gejala. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

TAG:
Baca Juga