adplus-dvertising

Satu Pasien PDP Meninggal Dunia di RSUD Baubau

Ridwan Amsyah, telisik indonesia
Kamis, 30 April 2020
1808 dilihat
Satu Pasien PDP Meninggal Dunia di RSUD Baubau
TG Satgas yang dipersiapkan untuk mengebumikan jenazah PDP COVID-19. Foto: Ridwan/ Telisik

" Pasien merupakan PDP dan meninggal sekira pukul 02.00 lewat. Pasien meninggal akibat infeksi berat dan dibawa kerumah sakit Palagimata. "

BAUBAU, TELISIK.ID - Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjenis kelamin perempuan  berinisial H, meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Baubau, Kamis dini hari (30/04/2020).

Hal itu disampaikan Jubir Tim Gugus Satuan Tugas (TG Satgas) dr. Lukman saat ditanyai wartawan di Sekretariat TG Satgas Penanganan COVID-19 Kota Baubau.

"Pasien merupakan PDP dan meninggal sekira pukul 02.00 lewat. Pasien meninggal akibat infeksi berat dan dibawa kerumah sakit Palagimata," ucap dr. Lukman.


"Perlu diketahui juga bahwa pasien masuk di RSUD sekira pukul 00.00 Wita, Kamis 30 april 2020, dan untuk diketahui juga dengan adanya pasien 01 dan 02 positif COVID-19 kami mengubah protokoler rumah sakit. Jadi, setiap pasien yang masuk kami tetapkan sebagai PDP," lanjutnya.

Baca juga: Libur Sekolah di Konawe di Perpanjang Hingga Akhir Mei

Dokter Lukman juga mengatakan, seharusnya hari ini pasien tersebut melakukan tes swab, akan tetapi pasien sudah meninggal dunia.

"Sejak pasien ini masuk dilakukan prosedur pemeriksaan rapid tes, dan hasilnya reaktif. Pasien ini memang dijadwalkan hari Kamis melakukan tes swab, tetapi pasiennya sudah duluan meninggal. Jadi, tidak lagi kami lakukan tes swab. Nanti selanjutnya tes swabnya akan dilakukan pada keluarga-keluarga dekat korban, misalnya suaminya itu tidak lagi dirapid tes tetapi sudah langsung diswab," jelas dr. Lukman.

Lebih lanjut, dr. Lukman juga mengatakan bahwa, kerabat pasien tersebut memiliki riwayat perjalanan dari zona merah.

"Dari penyelidikan epidemologi yang ada, pasien memiliki riwayat perjalanan dari Ambon 4 bulan yang lalu. Tetapi ternyata suaminya baru 10 hari yang lalu tiba di Baubau dari Ambon," ujar dr. Lukman.

dr. Lukman menambahkan pasien disemayamkan mengikuti potokol COVID-19.

"Jenazah dikuburkan di tempat yang telah disediakan dan sesuai protokol COVID-19," tukasnya.

Reporter: Ridwan Amsyah

Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga