Sayur dan Buah yang Cocok Dikonsumsi Jaga Kesehatan Mata

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 28 September 2023
0 dilihat
Sayur dan Buah yang Cocok Dikonsumsi Jaga Kesehatan Mata
Ada beragam sayur yang bisa dikonsumsi selain wortel terutama dalam menjaga kesehatan mata. Telur, tepatnya di bagian kuningnya, diketahui kaya akan vitamin A, zeaxanthin, seng, dan lain-lain. Foto: Repro Halodoc.com

" Banyak pilihan sayur dan buah-buahan yang bisa dikonsumsi guna memelihara kesehatan mata "

KENDARI, TELISIK.ID - Mata memiliki peran yang cukup signifikan dalam kehidupan sehari-hari. Maka, penting bagi Anda untuk selalu menjaga fungsinya tetap optimal. Beberapa dari Anda mungkin langsung tertuju pada wortel.

Ya, memang betul. Sayuran oranye tersebut mengandung beta karoten yang bagus untuk kesehatan retina. Namun, nyatanya masih banyak pilihan sayur dan buah-buahan yang bisa dikonsumsi guna memelihara kesehatan mata.

Berikut daftar sayuran dan buah yang baik dikonsumsi untuk jaga kesehatan mata seperti dilansir dari Siloamhospital.com dan p2ptm.kemkes.go.id:

1. Wortel

Wortel adalah sayuran berwarna oranye yang mengandung beta karoten. Dimana beta karoten ini merupakan nutrisi yang akan diubah menjadi vitamin A ketika sudah masuk ke dalam tubuh.

Seperti yang Anda ketahui, sudah cukup terkenal bahwa manfaat vitamin A salah satunya yaitu untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A ini memiliki peran dalam produksi rhodopsin pada retina yang berguna untuk penglihatan pada malam hari.

Baca Juga: Penggunaan Lensa Kontak Percantik Mata tapi Berbahaya

Selain itu, vitamin A juga dapat membantu menjaga kelembapan mata sehingga terhindar dari xerophtalmia atau mata kering.

2. Brokoli

Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang baik untuk menjaga dan merawat kesehatan mata, brokoli mengandung nutrisi Zeaxanthin dan Lutein yang fungsinya adalah melindungi mata dari pancaran sinar UV. Risiko terkena katarak juga bisa dikurangi dengan mengonsumsi brokoli.

3. Bayam

Bukan hanya baik dikonsumsi untuk menambah energi, bayam juga mengandung banyak Zeaxanthin dan Lutein. Di dalam  bayam juga terkandung  vitamin B6, C dan K, asam folat, zat besi, kalsium, sulfur dan klorofil, Vitamin C yang berguna mencegah penyakit glaukoma. 

4. Tomat 

Tomat kaya akan vitamin A, C dan lycopene, ketiga jenis nutrisi tersebut sangat penting untuk menjaga kesehatan mata kita. Tomat bisa dikonsumsi langsung maupun dibuat jus agar  terasa lebih nikmat.

Baca Juga: 5 Cara Melentikkan Bulu Mata Secara Alami, Pakai Ini

5. Telur

Telur merupakan rekomendasi makanan yang baik untuk kesehatan mata berikutnya. Telur, tepatnya di bagian kuning telur, diketahui kaya akan vitamin A, zeaxanthin, seng, dan lain-lain.

Anda bisa mengolah telur dengan berbagai macam cara, mulai dari direbus, digoreng, dan lain sebagainya. Namun, perlu diingat agar mengonsumsi telur secukupnya saja.

6. Jeruk

Selain menjaga daya tahan tubuh, jeruk ternyata juga menjadi makanan untuk kesehatan mata. Kandungan vitamin C pada jeruk merupakan golongan antioksidan yang kuat. Antioksidan kuat ini dapat membantu mengelola jaringan ikat, salah satunya kolagen pada kornea mata. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga