Sebanyak 17 Ribu Lebih Anak di Buton Selatan jadi sasaran PIN Polio

Ali Iskandar Majid, telisik indonesia
Rabu, 24 Juli 2024
0 dilihat
Sebanyak 17 Ribu Lebih Anak di Buton Selatan jadi sasaran PIN Polio
Pemberian tetes Polio pada siswi TK Batauga langsung oleh Pj Bupati Buton Selatan, Parinringi. Foto: Capture Video by Hasan

" Sebanyak 17 ribu lebih anak di Buton Selatan menjadi sasaran Pencanangan Pekan Imunisasi (PIN) Polio, yang dirangkaikan sekaligus pada perayaan HUT Kabupaten Buton Selatan yang ke-10 "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID – Sebanyak 17 ribu lebih anak di Buton Selatan menjadi sasaran Pencanangan Pekan Imunisasi (PIN) Polio, yang dirangkaikan sekaligus pada perayaan HUT Kabupaten Buton Selatan yang ke-10.

Sesaat Upacara Perayaan HUT Buton Selatan, Pj Bupati Buton Selatan Parinringi berserta jajarannya bersama Forkompinda dan DPRD Buton Selatan, langsung meresmikan Pencanangan Pekan Imunisasi (PIN) Polio di Lapangan Lakarada, Batauga, Buton Selatan, pada Selasa (23/7/2024).

Pada kesempatan itu, Parinringi mengungkapkan, agar anak-anak utamanya yang di Kabupaten Buton Selatan selalu sehat serta tumbuh kembang dengan baik. Terlebih hari ini menjadi momen istimewa sebab bertepatan dengan HUT Buton Selatan ke-10 serta juga merupakan peringatan Hari Anak.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buton Selatan, Dodi Hasriady menyatakan, sebanyak 17.058 anak yang menjadi sasaran dari PIN Polio tersebut, yang mana nantinya akan dilakukan imunisasi secara menyeluruh.

Pada implementasinya, PIN Polio di Buton Selatan akan dibagi menjadi dua tahap dengan selisih sekitar dua minggu. Pada tahap pertama akan berlangsung mulai dari 23 - 29 Juli 2024. Selama lima hari berturut-turut akan dilakukan pemeriksaan kepada anak-anak yang nantinya akan diberikan tetes polio.

Baca Juga: Waspada, Virus Polio Mengancam Nyawa Anak

Selanjutnya, tahap kedua PIN Polio dimulai dari 6 - 12 Agustus 2024. Kata dia, putaran atau tahapan kedua PIN Polio sengaja dilakukan guna memastikan masih ada anak-anak yang belum mendapatkan tetes polio dari Dinas Kesehatan Buton Selatan.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, semua titik akan ditelusuri utamanya pada tujuh Puskesmas yang tersebar di seluruh Kabupaten Buton Selatan. Sehingga di dua pekan berikutnya (terhitung dari hari pertama launching) pihaknya sudah dapat memaksimalkan agar dapat mencapai target angka yang bebas polio.

Selian itu, pihaknya optimis dapat menekan dan menghilangkan polio pada anak di Buton Selatan. Untuk itu dari dua Minggu sebelum melaunching PIN Polio, pihaknya telah mempersiapkan dengan matang segala macam persiapan mulai dari mengadakan rapat hingga mendatangkan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: PIN Polio Sasar 14.219 Anak di Muna Barat

“Do’akan kami semoga di lapangan tidak ada lagi jeda, istilahnya tidak ada lagi yang tidak mendapatkan tetes polio,” ungkapnya saat ditemui awak media, Selasa (23/7/2024).

Pada tahap eksekusi di lapangan, bukan hanya saja menyisir sekolah-sekolah tingkat Taman Kanak di Buton Selatan, namun yang paling utama adalah kesadaran masyarakat khususnya peran ibu/orangtua yang mau membawa anaknya ke Puskesmas, Posyandu, Pustu terdekat untuk diberikan tetes Polio.

Ia mengaku, pihaknya memastikan ketersediaan tetes polio dipastikan cukup melayani sebanyak 17.058 anak yang tersebar di seluruh desa/kelurahan se-Kabupaten Buton Selatan. (B)

Penulis: Ali Iskandar Majid

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga