Sebanyak 25 Negara di Dunia Terancam Bangkrut, Mana Saja?

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Sabtu, 23 Juli 2022
0 dilihat
Sebanyak 25 Negara di Dunia Terancam Bangkrut, Mana Saja?
Dalam laporan yang dirilis Visual Capitalist ini, negara dengan ancaman bangkrut paling tinggi adalah El Salvador. Foto: Repro Grid.id

" Usai Pemerintah Sri Lanka dinyatakan bangkrut setelah gagal membayar utang luar negeri, isu resesi dan kebangkrutan menjadi momok bagi beberapa negara "

JAKARTA, TELISIK.ID - Usai Pemerintah Sri Lanka dinyatakan bangkrut setelah gagal membayar utang luar negeri, isu resesi dan kebangkrutan menjadi momok bagi beberapa negara. Bank Dunia memberi peringatan terhadap sejumlah negara yang berpotensi mengalami kebangkrutan

Saat ini, ada sebanyak 25 negara di dunia yang terancam yang terancam bangkrut. Namun, berdasarkan data hasil Analisis Bloomberg, diketahui Indonesia tidak masuk dalam daftar tersebut. Artinya, untuk saat ini Indonesia tidak termasuk dalam negara yang terancam mengalami kebangkrutan.

Mengutip dari Cnbcindonesia.com, penyebab krisis ekonomi yang dihadapi setiap negara berbeda antara satu dengan yang lainnya. Namun, kepastian utama dari berbagai penyebab krisis tersebut diperburuk dengan inflasi yang tinggi.

Ketika inflasi menanjak, maka daya beli masyarakat akan tergerus yang akhirnya berdampak pada pertumbuhan ekonomi. Di Sri Lanka, inflasi tercatat meroket 54,6% year-on-year (yoy), menjadi rekor tertinggi sepanjang sejarah. 

Tingginya inflasi berawal dari pandemi penyakit akibat virus corona (Covid-19) melanda. Saat itu, perekonomian global nyaris berhenti total, sebab banyak negara menerapkan kebijakan lockdown.

Ketika vaksinasi sudah gencar dilakukan dan penambahan kasus baru menurun drastis, lockdown dicabut, pembatasan sosial tidak lagi ketat, kehidupan masyarakat perlahan kembali normal.

Hal ini diperparah dengan perang Rusia dengan Ukraina. Sanksi yang diberikan Amerika Serikat dan Sekutu ke Rusia membuat harga minyak mentah melambung, begitu juga dengan gas alam dan batu bara. Krisis energi pun melanda, yang membuat inflasi semakin meninggi.

Belum lagi harga pangan yang semakin mahal akibat tersendatnya pasokan pupuk dari Rusia dan Ukraina. Alhasil inflasi menjadi tak terkendali.

Baca Juga: 6 Ambulans Teraneh di Dunia, Nomor 6 Mengejutkan

Dikutip dari Detik.com, Kesimpulan untuk menempatkan 25 negara dunia dalam ancaman kebangkrutan setelah ditemukan data-data dari empat metrik penghitungan yakni:

- imbal hasil obligasi pemerintah,

- credit default swap (CDS) 5 tahun,

- beban bunga sebagai persentase dari produk domestik bruto (PDB),

- serta utang pemerintah sebagai persentase dari PDB.

Dalam laporan yang dirilis Visual Capitalist ini, negara dengan ancaman bangkrut paling tinggi adalah El Salvador. Menurut data, di posisi teratas ada El Salvador yang masih memiliki pembayaran bunga tahunan sebesar 4,9?ri PDB.

Jika dijumlahkan, hutang El Salvador yang belum dibayar sama dengan 82,6?ri PDB. Dari jumlah itu, sebanyak US$ 800 juta akan mengalami jatuh tempo pada Januari 2023.

Advertisement

Di sisi lain, Mexico merupakan negara yang berada di posisi paling bawah dalam daftar 25 negara yang terancam mengalami kebangkrutan.

Baca Juga: Joe Biden Positif COVID-19, Pernah Derita Kanker

Berikut daftar 25 negara yang terancam mengalami kebangkrutan:

  1. El Salvador
  2. Ghana
  3. Tunisia
  4. Pakistan
  5. Mesir
  6. Kenya
  7. Argentina
  8. Ukraina
  9. Bahrain
  10. Namibia
  11. Brasil
  12. Angola
  13. Senegal
  14. Rwanda
  15. Afrika Selatan
  16. Costa Rika
  17. Gabon
  18. Morocco
  19. Ekuador
  20. Turki
  21. Republik Dominika
  22. Ethiopia
  23. Colombia
  24. Nigeria
  25. Meksiko. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga