Sedang Bad Mood? Ini 7 Makanan Bisa Memperbaiki Suasana Hati

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 06 November 2022
0 dilihat
Sedang Bad Mood? Ini 7 Makanan Bisa Memperbaiki Suasana Hati
Suasana hati yang sedang buruk memberikan dampak pada produktivitas jadi menurun. Untuk mengatasinya dapat dengan mengkonsumsi makanan tertentu. Foto: Repro Pixabay

" Suasana hati tidak selamanya dalam kondisi baik atau senang. Seringkali ada saja hal yang bisa membuat kita bad mood alias suasana hati sedang buruk "

KENDARI, TELISIK.ID - Suasana hati tidak selamanya dalam kondisi baik atau senang. Seringkali ada saja hal yang bisa membuat kita bad mood alias suasana hati sedang buruk.

Dikutip dari halodoc.com, suasana hati tidak mungkin selalu baik. Ada kalanya semua terasa salah dan hari yang dijalani rasanya sangat berat. Seolah dunia terlihat kelabu dan suram, yang akhirnya mungkin memengaruhi kehidupanmu sehari-hari.

Jika kamu pernah mengalaminya, itu wajar. Namun, jangan biarkan suasana hati yang buruk itu menguasai kamu karena akan berdampak pada produktivitas kerja akan menurun.

Untuk cara mengatasi bad mood ini banyak caranya, salah satunya dengan mengkonsumsi jenis makanan tertentu.

Baca Juga: 8 Tips Menjadi Suami Idaman, Pria Wajib Tahu

Melansir alodokter.com, berikut ini adalah makanan yang baik dikonsumsi saat bad mood alias suasana hati sedang buruk:

1. Pisang

Pisang adalah salah satu jenis buah yang kaya akan asam amino triptofan dan vitamin B6. Vitamin B6 berperan dalam mendukung proses pengubahan asam amino triptofan menjadi hormon serotonin.

Serotonin itu sendiri merupakan zat kimia di otak yang diperlukan oleh tubuh untuk memperbaiki suasana hati. Tidak heran jika triptofan sering digunakan sebagai suplemen untuk mengatasi depresi, insomnia dan gangguan kecemasan.

2. Oatmeal

Memiliki indeks glikemik yang rendah membuat oatmeal menjadi makanan yang baik dikonsumsi untuk memperbaiki suasana hati yang buruk. Pasalnya, makanan dengan indeks glikemik rendah akan melepaskan energi secara perlahan menuju aliran darah.

Hal ini membantu gula darah dan suasana hati menjadi lebih stabil. Selain itu, oatmeal juga mengandung selenium yang efektif dalam menjaga suasana hati melalui pengaturan kelenjar tiroid.

3. Telur

Telur memiliki kandungan gizi yang baik, tinggi protein dan asam lemak yang penting untuk menjaga kesehatan otak. Kandungan nutrisi di dalam telur ini menjadikannya sebagai salah satu makanan yang baik untuk memperbaiki suasana hati. Selain itu, telur juga dapat membantu tubuh agar lebih bertenaga.

4. Ikan

Beberapa jenis ikan, seperti sarden dan salmon, merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik untuk meningkatkan fungsi otak. Kekurangan nutrisi ini akan membuatmu lebih rentan untuk mengalami bad mood dan depresi. Oleh karena itu, usahakan untuk mencukupi asupan asam lemak omega-3 harianmu, ya.

5. Cokelat

Menurut penelitian, mengonsumsi cokelat hitam mampu menurunkan hormon kortisol, yaitu hormon yang dihasilkan tubuh saat stres. Tidak hanya itu, sebatang cokelat juga bisa merangsang otak melepaskan hormon endorfin serta serotonin dalam jumlah banyak.

6. Seafood

Makanan laut, seperti udang dan kerang, juga bermanfaat untuk meningkatkan suasana hati yang sedang tidak baik. Pasalnya, kekurangan vitamin B6 dan B12, selenium, zat besi, serta zinc yang umum terkandung pada makanan laut dipercaya berisiko mengganggu kesehatan mental, seperti menyebabkan depresi.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Mengusir Laba-Laba yang Hinggap di Rumah

7. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan, seperti kacang tanah, kacang almond, kacang mete, serta biji-bijian, seperti wijen dan biji bunga matahari, kaya akan protein nabati, lemak sehat dan serat.

Selain kandungan tersebut, makanan jenis ini juga menyediakan triptofan yang dapat memproduksi serotonin dan meningkatkan suasana hatimu ketika sedang kacau.

Nah, itulah beberapa pilihan makanan yang bisa mengatasi suasana hati yang sedang buruk. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga