Segera Rampung, Rumah Sakit Tipe D Bakal Jadi Rujukan Pasien COVID-19 di Kendari

Eni Eka Wisda, telisik indonesia
Kamis, 25 Maret 2021
0 dilihat
Segera Rampung, Rumah Sakit Tipe D Bakal Jadi Rujukan Pasien COVID-19 di Kendari
Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir. Foto: Eni/Telisik

" Untuk saat ini kita lagi menunggu SK Menteri Keuangan, begitu terbit SK berarti programnya sudah bisa jalan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Pembangun ramah sakit (RS) tipe D yang terletak di Jalan Chairul Anwar, Kecamatan Puuwatu, Kota Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra) diusahakan akan segera rampung.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan, pembangunan rumah sakit tipe D sementara dikomunikasikan ke pihak kementerian.

"Untuk saat ini kita lagi menunggu SK Menteri Keuangan, begitu terbit SK berarti programnya sudah bisa jalan," katanya, Kamis (25/3/2021).

Selain itu, Sulkarnain mengungkapkan, rumah sakit tipe D akan menjadi salah satu upaya memutuskan rantai COVID-19 yang tersebar di Kota Kendari.

Baca juga: DLHK Kendari Harap Sampah Organik dan Anorganik Dipisah Sebelum Dibuang

"Ini penting sekali, karena kita merasakan situasi pandemi dan kita hanya mempunyai satu rumah sakit  bagi pasien terkena COVID-19," ucapnya.

Ia juga menambahkan, banyak keluhan dari masyarakat yang enggan melalukan perawatan di RS Kota Kendari karena takut tertular.

"Kalau kita punya dua pasilitas nanti akan ada rumah sakit tipe D, salah satunya akan kita tunjuk sebagai pusat pandemi COVID-19, sehingga masyarakat tidak takut lagi tertular," jelasnya.

Untuk diketahui, rumah sakit tipe D ditaksir menggunakan anggaran sekira Rp 146 miliar yang telah di setujui dan telah dilaporkan ke Kementerian Dalam Negeri. (B)

Reporter: Eni Eka Wisda

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga