adplus-dvertising

Sejarah dan Pemilik Holywings yang Promo Minol Pakai Nama Muhammad dan Maria

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 27 Juni 2022
408 dilihat
Sejarah dan Pemilik Holywings yang Promo Minol Pakai Nama Muhammad dan Maria
Outlet Holywings yang tuai kontroversi usai buat promo pakai nama Muhammad dan Maria. Foto: Repro Antara

" Holywings melakukan promosi minuman beralkohol atau minol gratis setiap Kamis, khusus bagi mereka yang bernama Muhammad dan Maria "

JAKARTA, TELISIK.ID - Holywings tengah menjadi perbincangan publik. Hal itu terjadi setelah restoran dan bar itu melakukan promosi minuman beralkohol atau minol gratis setiap Kamis, khusus bagi mereka yang bernama Muhammad dan Maria.

Melansir cnnindonesia.com, promo minol tersebut menuai kontroversi. Imbasnya enam orang staf restoran dan bar itu ditetapkan sebagai tersangka.

Mereka dijerat pasal berlapis, yakni Pasal 14 Ayat 1 dan Ayat 2 UU RI No 1 Tahun 1946 dan juga Pasal 156 atau Pasal 156 a KUHP. Kemudian, Pasal 28 Ayat 2 UU RI No 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI No 11 Tahun 2008 tentang ITE. Adapun ancaman maksimal 10 tahun kurungan penjara.


Dengan kasus tersebut, nama-nama pemilik Holywings pun dan sejarah pendiriannya menjadi sorotan masyarakat.

Melansir Kompas.com dari laman resminya, Holywings didirikan oleh PT Aneka Bintang Gading pada 2014. Perusahaan tersebut memiliki tiga produk, yakni Holywings Bar, Holywings Club, dan Holywings Restaurant.

Outlet Holywings saat ini sudah tersebar di kota-kota besar di Indonesia, mulai dari Jakarta, Bandung, Bekasi, Serpong, Surabaya, Medan, hingga Makassar.

Awal mula berdirinya Holywings  inipun diceritakan oleh Ivan Tanjaya selaku Co-Founder Holywings.

Menurut Ivan, Holywings tercipta setelah bisnis kedai nasi gorengnya di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, terus mengalami kerugian.

Tak mau terus terpuruk dan harus bangkit, pria berusia 32 tahun itu pun terus memutar otaknya. Akhirnya, Ivan ingat dengan sebuah bar di Beijing yang kerap dikunjungi saat berkuliah di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Baca Juga: Pembangunan Cagar Biosfer Berkelanjutan, Bupati Wakatobi Hadiri Sidang Ke-34 ICC-MAB di Perancis

Di bar tersebut, kata Ivan, salah satu keunggulannya adalah menyuguhkan live music. Bar tersebut pun selalu ramai dikunjungi.

Alhasil, dia coba mengadopsi konsep tersebut di Indonesia dengan mendirikan Holywings. Dia bersama keempat teman lainnya ingin menghidupkan live music di Tanah Air.

Menurut Ivan, pada kisaran tahun 2014-2015, tempat hiburan malam di Indonesia masih dibanjiri oleh kelab malam yang menyuguhkan pertunjukan disc jockey (DJ).

"Holywings tercipta karena gue banget, gue seneng nyanyi, makan, dan minum," ujar Ivan, dikutip Kompas.com dari akun YouTube Holywings pada Minggu (26/6/2022).

Akhirnya, Ivan memutuskan menyulap bekas kedai nasi gorengnya di Kelapa Gading menjadi outlet Holywings yang pertama kali berdiri di Indonesia.

Pada minggu-minggu awal berdiri, tempat hiburan malam tersebut sepi pengunjung. Namun, setelah dua bulan berjalan, Holywings mulai disesaki pengunjung dalam tiap malamnya.

Melihat antusiasme pengunjung, selang sembilan bulan berikutnya, Ivan bersama rekan lainnya memutuskan membuka Holywings di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara.

Rupanya, di lokasi tersebut pun mendapat sambutan hangat dari warga Ibu Kota. Hingga akhirnya Holywings memiliki 18 outlet yang tersebar di kota-kota besar Indonesia.

Sementara untuk 2022, Holywings menargetkan membuka outlet hingga 72 cabang.

Kendati begitu, lanjut pria yang tumbuh besar di Surabaya itu, pembukaan outlet baru Holywings terkendala pandemi COVID-19. Alhasil, pembukaan outlet baru brand tersebut harus mundur dari waktu yang telah ditargetkan.

Baca Juga: Kasus Korupsi Dana PEN Kolaka Timur, KPK Beri Warning Kepala Daerah

Namun, saat ini Ivan tengah mempersiapkan pembukaan Holywings di Bali. Bahkan, Holywings di Bali akan menjadi yang terbesar di Indonesia.

Pasalnya, lahan Holywings yang berada di kawasan Canggu, Bali, itu memiliki luas 3 hektar.

Setelah besar dan namanya mulai tenar di kalangan para muda-mudi Jakarta, Holywings disuntik modal oleh investor baru, salah satunya pengacara kondang Hotman Paris.

Investor lainnya yang diketahui baru masuk ke pemegang saham Holywings adalah selebritas Nikita Mirzani. Namun, kedua investor baru itu enggan membeberkan nilai investasi yang ditanamkannya ke kelab malam tersebut. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga