adplus-dvertising

Sejarah Penetapan 14 Agustus Sebagai Hari Pramuka

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 14 Agustus 2022
595 dilihat
Sejarah Penetapan 14 Agustus Sebagai Hari Pramuka
Pramuka menjadi gerakan yang banyak diikuti oleh pelajar dan masyarakat Indonesia. Foto: Repro shutterstock.com

" Tanggal 14 Agustus 2022 menjadi tanda 61 tahun berdirinya Gerakan Pramuka di Indonesia "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu hari besar bangsa Indonesia adalah Hari Pramuka. Momen ini diperingati setiap tahun pada tanggal 14 Agustus.

Dikutip dari detik.com, para praja muda karana menyambut Hari Pramuka 2022 dengan semangat suka cita. Tanggal 14 Agustus 2022 menjadi tanda 61 tahun berdirinya Gerakan Pramuka di Indonesia.

Diketahui, Pramuka merupakan singkatan dari praja muda karana, yang memiliki arti rakyat muda yang suka berkarya.


Pramuka merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka, yang meliputi; Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.

Lantas, bagaimana sejarah sampai 14 Agustus ditetapkan sebagai Hari Pramuka setiap tahunnya?

Baca Juga: Tolak Paspor Baru RI, WNI Tidak Bisa Masuk Jerman

Melansir Suara.com - jaringan Telisik.id, berikut sejarah singkat penetapan Hari Pramuka 14 Agustus:

Gerakan pramuka di Indonesia dimulai pada tahun 1912 lewat organisasi Nederlandsche Padvinders Organisatie (NPO) yang kemudian berganti nama menjadi Nederlands-Indische Padviders Vereeniging (NIPV) pada tahun 1916.

Melihat gerakan pramuka yang berada di Indonesia, membuat tokoh-tokoh gerakan nasional mendirikan Padvinders (Pandu) untuk anak bangsa. Eksistensi gerakan kepanduan di Indonesia semakin meningkat sehingga membuat banyak gerakan kepanduan bermunculan di Indonesia pada tahun 1928-1935.

Pada 28 Desember 1945, terbentuk Pandu Rakyat Indonesia di Solo yang merupakan satu-satunya organisasi kepanduan Indonesia dengan keputusan Menteri Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan Nomor 93/Bhg.A, tanggal 1 Februari 1947.

Tahun-tahun berikutnya banyak organisasi kepanduan bermunculan hingga pada 1954 terbentuk organisasi POPPINDO (Persaudaraan Organisasi Pandu Puteri Indonesia) dan PKPI (Kepanduan Putri Indonesia) yang melebur menjadi PERKINDO (Persatuan Kepanduan Indonesia). 

Baca Juga: Bisa Dipakai, Ini Contoh Susunan Upacara 17 Agustus 2022

Pada 9 Maret 1961, Presiden Soekarno memberikan amanat pemimpin pandu di Istana Merdeka. Beliau menyatakan pembubaran semua organisasi kepanduan di Indonesia dan kemudian meleburnya menjadi organisasi baru bernama Gerakan Pramuka dengan lambang tunas kelapa. 

Akhirnya, Gerakan Pramuka di Indonesia mulai dikenalkan secara resmi di Indonesia pada 14 Agustus 1961. Hal itu bersamaan dengan Presiden RI menganugerahkan panji-panji sebagai penghargaan keikutsertaan para pandu dalam mengisi kemerdekaan Indonesia.

Alhasil, setiap 14 Agustus diperingati sebagai Hari Pramuka. Setiap tahunnya seluruh anggota Gerakan Pramuka se-Indonesia akan memperingati hari tersebut dan biasanya diadakan upacara Hari Pramuka di sekolah, mulai dari SD, SMP, hingga SMA/SMK. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga