adplus-dvertising

Sejumlah Daerah Dilanda Banjir, Ketua DPR Desak Pemda Sigap Selamatkan Rakyat

Marwan Azis, telisik indonesia
Senin, 08 November 2021
526 dilihat
Sejumlah Daerah Dilanda Banjir, Ketua DPR Desak Pemda Sigap Selamatkan Rakyat
Ketua DPR RI Puan Maharani. Foto: Repro Tempo.co

" Bencana banjir yang melanda sejumlah daerah di Indonesia mendapat perhatian dari pimpinan parlemen. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Bencana banjir yang melanda sejumlah daerah di Indonesia mendapat perhatian dari pimpinan parlemen.

Ketua DPR RI Puan Maharani, mendesak pemerintah melakukan upaya terbaik bagi masyarakat yang terkena dampak banjir.

Sebab, dalam beberapa waktu terakhir, sejumlah daerah di Indonesia, termasuk DKI Jakarta, dilanda bencana banjir.


“Saya turut prihatin dengan terjadinya musibah banjir, longsor, dan banjir bandang di sejumlah daerah di tanah air. Pemerintah harus sigap menyelamatkan warga yang tempat tinggalnya mengalami banjir. Keselamatan rakyat harus menjadi prioritas,” kata Puan dalam keterangan persnya di Jakarta, Senin (8/11/2021).

Selain di DKI Jakarta dan sekitarnya, bencana banjir juga terjadi di Kota Batu, Malang, Karawang, Sintang, Aceh Selatan, Mamuju Sulbar, dan beberapa daerah lainnya.

Untuk itu, Puan meminta pemerintah menyiapkan segala fasilitas dan kebutuhan untuk warga yang rumahnya terendam banjir, termasuk logistik.

“Pastikan warga yang harus mengungsi, ditempatkan di shelter-shelter yang aman dan nyaman. Pemerintah harus menjamin kebutuhan pokok mereka, termasuk air bersih dan keperluan anak-anak, balita, lansia, serta ibu hamil dan ibu menyusui,” tutur politisi PDIP ini.

Baca Juga: Sah, Andika Prakasa Jadi Panglima TNI, Ini Gaji dan Tunjangannya

Cucu Bung Karno mengatakan, bagi warga yang tetap memilih untuk bertahan di rumahnya yang terendam banjir, pemerintah tetap harus memastikan kebutuhan mereka terpenuhi.

Seperti kebutuhan akan pasokan listrik harus dapat dijamin dengan mengedepankan prinsip keamanan.

Selain itu, mantan Menko PMK tersebut meminta pemerintah, khususnya pemda yang wilayahnya rawan bencana untuk melakukan langkah antisipasi terjadinya bencana.

Hal ini menyusul peringatan BMKG terhadap fenomena La Nina yang memicu peningkatan potensi kejadian bencana hidrometeorologi.

Baca Juga: Konferensi Polwan se-Dunia di Labuan Bajo Resmi Dibuka Kapolri

“Pemerintah kami harapkan terus melakukan mitigasi bencana untuk meminimalisir dampak bencana alam. Selain itu juga harus ada solusi jangka panjang bagi daerah yang sudah menjadi langganan banjir agar rakyat tidak terus menerus mengalami kesulitan,” ujar Puan.

Puan juga mengingatkan masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan di musim penghujan.

“Kami mengimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap perubahan cuaca khususnya intensitas hujan yang cukup tinggi dan faktor alam agar tidak menimbulkan bertambahnya korban jiwa dan harta benda masyarakat,” tandasnya. (C)

Reporter: Marwan Azis

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga