Sejumlah Kebun Warga di NTT Dilalap Api, Seluruh Isinya Hangus Terbakar

Berto Davids, telisik indonesia
Senin, 02 Agustus 2021
0 dilihat
Sejumlah Kebun Warga di NTT Dilalap Api, Seluruh Isinya Hangus Terbakar
Kebun warga NTT yang dilalap Api. Foto: Ist.

" Anggota Polsek Pandawai dibantu masyarakat RT 08 Dusun Wera, Desa Kadumbul melakukan pemadaman dengan menggunakan alat seadanya "

SUMBA TIMUR, TELISIK.ID - Kobaran api membakar sejumlah kebun milik warga di Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Warga bernama Yosef Lona di RT 8, Dusun Wera, Desa Kadumbul, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur, NTT, yang menjadi korban pertama. Peristiwa itu terjadi pada Minggu (1/8/2021).

Anggota Polsek Pandawai dibantu masyarakat RT 08 Dusun Wera, Desa Kadumbul melakukan pemadaman dengan menggunakan alat seadanya.

"Ada sekitar satu hektar lahan kebun warga yang terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun seluruh isi kebun dan tanaman hangus terbakar," ujar Kapolres Sumba Timur, AKBP Handrio Wicaksono melalui keterangan tertulis, Senin (2/8/2021).

Anggota polisi masing-masing Bripka Jendri Ukat dan Babinsa Serka Dominggus F Liu melakukan pengecekan lokasi kebakaran sesuai dengan latitude -9.32991027832031 dan Longitude 119.94701385498 (TERA LAPAN).

"Lokasi kebakaran berada di Desa Wunga dan merambat ke perbatasan Desa Napu dan perbatasan dengan wilayah Tanambanas Umbu Ratu nggay, Kabupaten Sumba Tengah," ujarnya.

Baca Juga: Tebang Pohon Pepaya Nenek, Seorang Kakek di Busel Ditahan

Baca Juga: Tolak Perpanjangan PPKM di Kota Kendari, Pengunjuk Rasa dan Pol PP Nyaris Ricuh

Anggota memadamkan sisa api yang masih menyala dengan menggunakan ranting kayu, dan mengimbau warga Desa Wunga yang sering melintasi padang agar tidak membakarnya.

Meluasnya api dari Desa Napu ke perbatasan Desa Wunga, dikarenakan rumput kering dan angin yang membuat api merambat begitu cepat.

"Tercatat, luas kebakaran api kurang lebih tiga kilometer di perbatasan Desa Wunga dan Desa Napu perbatasan dengan Kabupaten Sumba Tengah dan jarak dari Polsek ke titik kebakaran hutan dan lahan sekitar 30 kilometer," kata Kapolres Handrio. (C)

Reporter: Berto Davids

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga