Sejumlah Warga Kendari Salat Idul Adha dan Berkurban Hari Ini

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 16 Juni 2024
0 dilihat
Sejumlah Warga Kendari Salat Idul Adha dan Berkurban Hari Ini
Sejumlah warga Kota Kendari dan sekitarnya melaksanakan salat Idul Adha 1445 H hari ini, Minggu (16/6/2024). Foto: Fitrah/Telisik

" Sejumlah masyarakat Kota Kendari dan sekitarnya melaksanakan salat Idul Adha 1445 Hijriah hari ini, Minggu (16/6/2024) "

KENDARI, TELISIK.ID - Sejumlah masyarakat Kota Kendari dan sekitarnya melaksanakan salat Idul Adha 1445 Hijriah hari ini, Minggu (16/6/2024).

Sejumlah lokasi di Kota Kendari menggelar salat Idul Adha, salah satunya di pelataran Masjid Al Fatih Kota Kendari.

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al Fatih Kota Kendari, Muhammad Wildan mengatakan, hari ini pihaknya menggelar pelaksanaan salat Idul Adha karena jemaah haji di Tanah Suci telah melaksanakan wukuf di Arafah pada Sabtu (15/6/2024) kemarin.

"Jadi kita sudah salat Idul Adha hari ini karena jemaah haji juga sudah wukuf di Padang Arafah kemarin," ujarnya.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga sudah melakukan penyembelihan hewan kurban hari ini. Dari 10 ekor hewan kurban yang ada di Masjid Al Fatih, baru tiga ekor yang disembelih hari ini.

"Besok baru sisanya kita sembelih," ujarnya.

Baca Juga: Dua Tarekat Ini Rayakan Idul Adha 1445 Hijriah Lebih Cepat dari NU dan Muhammadiyah, Simak Perjalanan Mahzabnya

Saat ini Masjid Al Fatih Kota Kendari yang berada di Jalan Abdul Gani, Lorong Kembar, Depan Akademi Gizi, Puuwatu juga membuka peluang amal bagi masyarakat yang ingin ikut berpartisipasi dalam pengembangan bangunan masjid.

Sementara itu, lokasi lainnya, di pelataran Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Insantama Kendari yang beralamat di Jl. Bahteramas Kambu, belakang kantor Lurah Mokoau, juga melaksanakan salat Idul Adha hari ini.

Dari pantauan Telisik.id, sejumlah masyarakat sekitar mengikuti pelaksanaan salat Idul Adha di SDIT Insantama Kendari. Begitu pun pihak panitia melakukan penyembelihan hewan kurban hari ini.

"Alhamdulillah, kami sekeluarga bisa salat Idul Adha hari ini. Ternyata banyak juga umat Islam ikut salat Ied, termasuk di pelataran sekolah Insantama Kendari," kata salah seorang jemaah shalat Idul Adha, Abu Fatih.

Warga Kota Kendari lainnya, Djamil mengaku ikut melaksanakan salat Idul Adha hari ini. Menurutnya, hari ini sudah bertepatan dengan tanggal 10 Dzulhijjah.

"Ini karena pada dasarnya penentuan Dzulhijjah dan Hari Raya Idul Adha ini berdasarkan penetapan pemimpin di Mekkah, Arab Saudi. Karena Idul Adha berkaitan dengan pelaksanaan ibadah haji. Karena kemarin itu jemaah haji sudah wukuf di Arafah, maka kita hari ini Idul Adha," ujarnya.

Baca Juga: 4 Lokasi di Kendari Ini Gelar Salat Idul Adha 1445 Hijriah Hari Minggu Besok

Ia juga tetap menghargai pendapat umat Islam yang akan melaksanakan salat Idul Adha besok, Senin (17/6/2024).

Diketahui, selain Masjid Al Fatih dan SDIT Insantama Kendari, sejumlah lokasi juga menggelar salat Idul Adha 1445 H hari ini.

Lokasi tersebut di antaranya, Pondok Pesantren Al Ihsan Baron Kendari di Jalan Subsudi 2 Depan SPBU Punggolaka dan Masjid Quba Wa Asmaul Husna di Jalan Anawai Depan Pengadilan Agama, Lepo-Lepo. (A)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga