Sekda Butur Resmikan Rumah Data Kependudukan

Aris, telisik indonesia
Selasa, 21 Desember 2021
0 dilihat
Sekda Butur Resmikan Rumah Data Kependudukan
Sekda Buton Utara, Muh. Hardhy Muslim saat meresmikan Rumah Data Kependudukan Desa Laangke, Kecamatan Kulisusu. Foto: Ist.

" Rumah Data Kependudukan Desa Laangke, Kecamatan Kulisusu diresmikan langsung oleh Sekda Butur, Muh. Hardhy Muslim, S.H., M.Si "

BUTON UTARA TELISIK.ID - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buton Utara (Butur), Muh. Hardhy Muslim, S.H., M.Si meresmikan Rumah Data Kependudukan Desa Laangke, Kecamatan Kulisusu, Selasa (21/12/2021).

Hardhy Muslim mengatakan, ketersediaan data dan informasi kependudukan yang akurat menjadi salah satu prasyarat wajib bagi pembentukan kampung Keluarga Berkualitas (KB).

Lebih lanjut, kata dia, data kependudukan ini dapat bersumber dari hasil pendataan keluarga, data potensi desa dan data catatan sipil ataupun sumber data lain yang berkualitas sehingga dapat digunakan sebagai dasar penetapan prioritas, sasaran dan program yang akan dilaksanakan di suatu wilayah kampung KB secara berkesinambungan.

"Dengan demikian, pemenuhan akan kebutuhan data tersebut diharapkan bisa terpenuhi melalui Rumah Data Kependudukan," tambah Jenderal Aparatur Sipil Negara (ASN) Butur ini.

Baca Juga: DAK Dikbud Muna Turun Drastis, Ini Penyebabnya

Lebih lanjut, ia menjelaskan, kampung KB dibentuk bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat desa, serta pembangunan sektor terkait lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas, kebutuhan data terkini, akurat dan valid sebagai dasar perencanaan dan kebijakan pembangunan.

Sekaligus juga sebagai salah satu alat ukur untuk menilai keberhasilan program-program yang telah dicapai di kampung KB.

Menurutnya, keberadaan Kampung KB juga bertujuan untuk meningkatkan peran serta pemerintah, lembaga non pemerintah dan swasta dalam memfasilitasi, mendampingi dan membina masyarakat dalam rangka pembangunan sektor terkait, maupun untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pembangunan berwawasan kependudukan, menjadikan kepemilikan data yang sangat bermanfaat, akurat dan tepercaya.

Baca Juga: Lagi, Rumah Warga Baubau Terbakar, Diduga Korsleting Listrik

Lebih jauh, Hardhy Muslim mengungkapkan, kehadiran Rumah Data bukan hanya untuk mengidentifikasi masalah seperti anak kurang gizi, stunting, belum mempunyai akte kelahiran, banyaknya angka pengangguran, keluarga kurang mampu, keluarga yang rentan ketahanannya atau keluarga yang masih termasuk kategori PUS tetapi belum KB.

Akan tetapi, kata dia, Rumah Data juga bermanfaat sebagai dasar pengambilan keputusan pembangunan oleh pihak-pihak yang berkompeten, sehingga pembangunan bisa dirasakan langsung hasilnya oleh masyarakat luas.

Ia berharap, pengendalian jumlah dan laju pertumbuhan penduduk yang berkualitas serta persebaran penduduk di Butur, khususnya desa Laangke sesuai dengan daya dukung dan daya tampung lingkungan, serta sesuai dengan perkembangan sosial budaya yang ada.

"Semoga Rumah Data ini betul-betul menjadi aset yang dapat dijadikan pijakan bagi perkembangan dan pembangunan kampung KB Desa yang mandiri dan bermanfaat," harapnya. (C-Adv)

Reporter: Aris

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga