adplus-dvertising

Sekda Cilacap Jateng Rupanya Kakak dari Istri Bupati Muna

Sunaryo, telisik indonesia
Jumat, 01 April 2022
9980 dilihat
Sekda Cilacap Jateng Rupanya Kakak dari Istri Bupati Muna
Sekda Cilacap, Awaluddin Muuri bersama istri. Foto : Ist.

" Kemampuan orang Muna sangat diakui di luar daerah. Terbukti, banyak orang Muna yang berhasil dan sukses meniti karir di daerah orang "

MUNA, TELISIK.ID - Kemampuan orang Muna sangat diakui di luar daerah. Terbukti, banyak orang Muna yang berhasil dan sukses meniti karir di daerah orang.

Seperti halnya, Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Jateng), Awaluddin Muuri yang baru dilantik Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji, Jumat (1/4/2022). Awaluddin dilantik diusia 46 tahun dan merupakan Sekda termuda di Provinsi Jateng.

Awaluddin merupakan anak dari mantan Anggota DPRD Muna, La Ode Muuri yang juga tak lain adalah kakak dari Yanti Setiawati, istri Bupati Muna, LM Rusman Emba.


"Ia benar (Awaluddin Muuri), kakak pertama saya," kata Yanti, Jumat (1/4/2022).

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Muna itu menerangkan, kakaknya merupakan jebolan STPDN angkatan tahun 1994. Setelah lulus, ia mendapat tugas di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap sekitar tahun 1999. Jenjang karir di Aparatur Sipil Negara (ASN) semuanya dilalui, hingga akhirnya kakak pertamanya itu, dipercaya menjadi 'Jenderal' ASN.

"Kalau tidak salah, sebelum jadi Sekda, dia (Awaluddin) menjabat dua kali sebagai Kadis. Posisinya terakhir sebagai Kepala DPMPTSP Cilacap," sebutnya.

Baca Juga: Bupati Buteng Dinobatkan Sebagai Tokoh Penggagas Pembangunan

Wanita berhijab itu mengaku, selama meniti karir di Cilacap, kakaknya juga beberapa kali pulang kampung untuk memberi dukungan moril pada suaminya, LM Rusman Emba saat bertarung di Pilkada 2020 lalu.

"Bila ada kesempatan, pasti pulang kampung, apalagi ketika lebaran," ujarnya.

Dengan dilantiknya, Awaluddin sebagai Sekda, merupakan suatu kebanggaan bagi keluarga besar La Ode Muuri. Mereka menitip pesan pada Awaluddin agar menjalankan tugas dengan berpegangan pada aturan perundang-undangan yang berlaku.

"Ini suatu kebanggaan kita bagi keluarga dan juga daerah," ujarnya.

Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji menerangkan, jabatan Sekda adalah strategis dan karir tertinggi di birokrasi. Posisi Sekda berfungsi sebagai motor penggerak, pusat koordinasi, integrasi, sinkronisasi, sumber inspirasi dan inovasi, serta simpul utama pelaksanaan pengawasan roda pemerintahan.

Baca Juga: Mengembalikan Kejayaan Kopi Muna, DPMD Siap Back Up Lewat DD

"Saya berharap Sekda baru dapat menjadi motivasi dalam mencurahkan segala daya upaya, tenaga, pikiran dalam membangun dan memajukan Cilacap," harap Tatto dilansir Radar Banyumas.co.id.

Tatto yakin, sebagai Sekda, Awaluddin mampu mewujudkan tata kelola Pemkab Cilacap secara profesional, transparan dan berorientasi pada pelayanan.

Sementara itu, Awaluddin Muuri berjanji akan menjalankan tugas sesuai dengan aturan. Ia mengaku, akan cukup mempertahankan prestasi yang sudah diraih Sekda sebelumnya, Farid Ma’ruf yang telah mampu meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) lima kali berturut-turut untuk Cilacap.

“Pak Farid prestasinya luar biasa, di antaranya lima kali Opini WTP dan prestasi lain. Insya Allah, saya juga akan mempertahankan prestasi-prestasi itu," pungkasnya. (A)

Reporter: Sunaryo

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga