Sekda Konawe Sampaikan 8 Pesan Kapolri Pada Apel Gelar Pasukan Ketupat Anoa 2022

Aris Syam, telisik indonesia
Jumat, 22 April 2022
0 dilihat
Sekda Konawe Sampaikan 8 Pesan Kapolri Pada Apel Gelar Pasukan Ketupat Anoa 2022
Sekda Konawe Ferdinan Sapan bersama Kapolres Konawe AKBP Wasis Santoso dan Ketua DPRD Konawe Ardin saat mengecek pasukan Ops ketupat 2022. Foto: Aris Syam/Telisik

" Operasi Ketupat 2022 ini dilaksanakan selama 12 hari, mulai tanggal 28 April sampai dengan 9 Mei 2022, dengan sasaran pengamanan di tempat ibadah, wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, bandara dan lainnya "

KONAWE, TELISIK.ID - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Konawe, Ferdinan Sapan memimpin apel mewakili Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa dalam rangka Gelar Pasukan Operasi (Ops) Ketupat Anoa Tahun 2022 jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, di halaman Mako Polres Konawe, Jumat (22/4/2022).

Diketahui, Operasi Ketupat 2022 ini dilaksanakan selama 12 hari, mulai tanggal 28 April sampai dengan  9 Mei 2022, dengan sasaran pengamanan di tempat ibadah, wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, bandara dan lainnya.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam amanat tertulis yang disampaikan Sekda Konawe Ferdinan Sapan, mengatakan, perayaan Idul Fitri tahun ini akan berbeda dengan tahun sebelumnya, yang mana pada tahun ini pemerintah pusat memberikan kelonggaran kepada masyarakat untuk dapat berkumpul dan merayakan hari lebaran bersama keluarga. Sehingga tidak ada penyekatan bagi masyarakat yang mudik.

Sekda Konawe Ferdinan Sapan saat memasang pita operasi kepada personel kepolisian Polres Konawe. Foto: Aris Syam/Telisik

 

Kebijakan tersebut dilakukan berdasarkan hasil survey Badan Litbang Kemenhub RI, diprediksi sekitar 85,5 juta masyarakat akan melaksanakan mobilitas/perjalanan selama lebaran. Dan situasi pandemi COVID-19 di Indonesia saat ini sudah terkendali di mana tingkat penularan berada di bawah angka 1, dengan positivity rate dan BOR rumah sakit berada di bawah standar WHO.

"Namun periu tetap saya tegaskan bahwa pandemi belum sepenuhnya selesai, kita semua harus selalu waspada dengan tingkat mobilitas masyarakat yang sangat tinggi dan sangat rawan terhadap transmisi COVID-19 pada saat menjelang atau pasca lebaran," ucapnya.

Sekda Konawe Ferdinan Sapan memimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat Anoa 2022. Foto: Aris Syam/Telisik

 

Kemudian untuk mengantisipasi dan mensukseskan operasi tersebut, Kapolri menyampaikan 8 pesan.  Pertama, agar para personel gabungan yang bertugas menjaga stamina, fisik, mental dan niatkan sebagian ibadah saat bertugas,

Baca Juga: Tenaga Ahli Ridwan Bae Kecam Balai Penyedia Perumahan Sulawesi III dan SNVT Sultra

Kemudian kedua, lakukan deteksi dini terhadap dinamika dan fenomena yang berkembang sehingga dapat dilakukan pencegahan yang prediktif.

"Ketiga, laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis , berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat kapan  dan di manapun berada," jelas Ferdinan.

Sekda Konawe Ferdinan Sapan bersama Kapolres Konawe AKBP Wasis Santoso saat mengecek kendaraan personel Operasi Ketupat Anoa 2022. Foto: Aris Syam/Telisik

 

Keempat, gelar kekuatan Polri pada pos-pos pengamanan dan pelayanan serta titik-titik rewan kriminalitas, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas. Kelima, lakukan koordinasi dengan Satgas COVID-19 untuk melakukan tes antigen kepada masyarakat di tempat keramaian.

Kemudian keenam, mendorong pengelola wisata dan pembelanjaan dan tempat lainnya yang menimbulkan keramaian, agar memasang dan menerapkan aplikasi PeduliLindungi.

Baca Juga: Ali Mazi Tunjuk Baubau Tuan Rumah HUT Sultra ke-58

"Ketujuh, Satgas Pangan agar betul memainkan peran menjamin kesediaan sembako serta pengendalian harga," imbuhnya.

Kedelapan, mantapkan kerja sama, sinergi dan solidaritas kepada pihak yang terlibat dan satukan visi dan tujuan demi keberhasilan pelaksanaan operasi," Pungkasnya. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Konawe AKBP Wasis Santoso, para pejabat TNI, Polri, dan Instansi lainnya, para tokoh agama dan tokoh pemuda. (C-Adv).

Reporter: Aris Syam

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga