Sekolah Madrasah Mulai Terapkan Kurikulum Merdeka

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Rabu, 08 Juni 2022
0 dilihat
Sekolah Madrasah Mulai Terapkan Kurikulum Merdeka
Susana proses pembelajaran di MAN IC Kendari. Foto: Muhammad Ilwanto/Telisik

" Kemenag Sulawesi Tenggara terus melakukan terobosan, salah satunya adalah dengan mulai menerapkan kurikulum merdeka "

KENDARI, TELISIK.ID - Demi meningkatkan kualitas pendidikan, Kementrian Agama (Kemenag) Sulawesi Tenggara terus melakukan terobosan, salah satunya adalah dengan mulai menerapkan kurikulum merdeka di seluruh madrasah.

Kakanwil Kemenag Sulawesi Tenggara, H. Zainal Mustamin mengatakan selama ini dunia pendidikan terlalu kaku, dengan model mata pelajaran yang begitu banyak. Beberapa mata pelajaran itu dianggap juga tidak terlalu mendukung untuk ke depan. Untuk itu diperlukan sebuah gerakan nyata untuk meningkatkan kapasitas pendidikan.

"Setelah K13, saat ini ada kurikulum merdeka, tentu ini diterapkan guna memberikan penguatan-penguatan lebih agar bisa menjadikan bagian dari mindset ditengah serangan arus media sosial yang begitu besar. Terkait dengan pandangan-pandangan yang saling mempersalahkan antara satu dengan yang lain," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala MAN IC Kendari, Muhammad Naim mengungkapkan saat ini pihaknya sudah mulai menerapkan kurikulum merdeka, dan untuk memaksimalkannya, ia telah melakukan bimbingan teknis dan pengembangan pembelajaran berbasis literasi, dalam implementasi kurikulum merdeka.

Baca Juga: Calon Siswa Wajib Tahu, Ini Dua Sekolah Baru di Kota Kendari

Baca Juga: Catat, Ini Jadwal PPDB Tahun 2022, Calon Siswa Baru Wajib Tahu

"Sebelum mengimplementasikan kurikulum merdeka, pelaksanaan kegiatan bimbingan teknis sangat perlu dilakukan, terutama kepada para guru, agar bisa memahami mekanisme kurikulum merdeka. Sehingga nantinya mereka mampu mengajarkan secara baik kepada siswa," jelasnya.

Lanjut dia, pengembangan kompetensi guru secara berkelanjutan menjadi kewajiban setiap madrasah, terutama dalam mengembangkan keilmuan dan kompetensi tenaga pendidiknya.

"Oleh karena itu diharapkan madrasah dapat mempersiapkan diri untuk memberlakukan kurikulum merdeka. Sehingga dunia pendidikan, khususnya ditingkat madrasah itu bisa lebih maju dan unggul," ujarnya. (B)

Penulis: Muhammad Ilwanto

Editor: Musdar

Baca Juga