Sektor Pendidikan di Kabupaten Konawe Terus Alami Peningkatan

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 21 Agustus 2023
0 dilihat
Sektor Pendidikan di Kabupaten Konawe Terus Alami Peningkatan
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Konawe, ungkap sejumlah prestasi di sektor pendidikan selama KSK menjabat. Foto: Ist.

" Sektor pendidikan di Kabupaten Konawe, di bawah Bupati Kery Saiful Konggoasa (KSK) terus mengalami kemajuan "

KONAWE, TELISIK.ID - Sektor pendidikan di Kabupaten Konawe, di bawah Bupati Kery Saiful Konggoasa (KSK) terus mengalami kemajuan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Konawe, Suriadi, ia menyebut Kery Saiful Konggoasa telah menorehkan sejumlah prestasi yang terbilang memuaskan selama menjabat sebagai Bupati Konawe.

Ia membeberkan, di periode pertamanya menjabat, KSK berhasil mendorong lahirnya guru kreatif mulai dari level daerah hingga tingkat nasional.

Baca Juga: Rancangan KUPA PPA Perubahan 2023 Konawe Disepakati

"Contoh, guru di wilayah Kecamatan Latoma, pak guru itu berprestasi sampai ke nasional," ujar Suriadi, Senin (21/8/2023).

Ia menjelaskan9 di organisasi persatuan guru republik indonesia (PGRI) Konawe, Bupati KSK juga sangat mendukung program-program yang ada sejak 2013 sampai sekarang.

Selain itu lanjut Suriadi, pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) maupun dana alokasi khusus (DAK) juga selalu terpenuhi.

"Tiga tahun terakhir DAK mulai menurun, karena kebutuhan sarana sudah hampir terpenuhi," katanya.

Suriadi menambahkan, capaian yang paling teranyar adalah pengangkatan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) guru di Konawe.

Menurutnya, pengangkatan guru P3K ini sangat fenomenal. Di tahun 2024 nanti, pihaknya kembali mendapat kuota sebanyak 863 yang juga atas dukungan KSK.

"Kalau terpenuhi, pemerataan guru di Konawe akan terjawab tercapai. Kalau yang sudah bertahun-tahun akan menjadi ASN. Kecuali guru honorer yang baru diangkat satu atau dua bulan. Pak bupati berpikir ke depan, mereka ini bisa menjadi PNS," ungkapnya.

Baca Juga: Ratusan Guru di Konawe Terima SK Pengangkatan PPPK

Sementara itu, Kery Saiful Konggoasa mengatakan, kalau pendidikan itu sangat penting. Ia sendiri yang bahkan tidak memiliki gelar, serasa ingin untuk kuliah kembali.

"Makanya saya tekankan kepada para pelajar untuk selesaikan kuliah dan bangun daerah kita," ujarnya.

Kery mengungkap, tahun ini anggaran pendidikan di Konawe mencapai 21 persen dari APBD. Pihaknya akan berusaha menggenjot agar anggarannya bisa sampai 23 persen tahun depan. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga