Selain Indonesia, 7 Negara Ini Punya Tradisi Mudik

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 03 April 2024
0 dilihat
Selain Indonesia, 7 Negara Ini Punya Tradisi Mudik
Tradisi mudik juga menjadi kebiasaan di berbagai negara lainnya. Foto: Repro Freepik/odua

" Siapa sangka, tradisi mudik bukan hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga di beberapa negara lain "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu tradisi yang dilakukan sebagian masyarakat Indonesia setiap tahun, khususnya saat Lebaran adalah mudik. Namun, siapa sangka tradisi mudik ini bukan hanya terjadi di Indonesia.

Pada umumnya, dikutip dari detik.com, mudik sebagai tradisi tahunan yang dilakukan jelang hari besar keagamaan, salah satunya Idul Fitri. Mudik merupakan sebutan untuk kegiatan pulang ke kampung halaman yang biasanya dilakukan oleh orang yang merantau.

Menurut situs Indonesia Baik oleh Kominfo, kepanjangan mudik adalah 'mulih dilik' yang artinya pulang sebentar. Saat mudik, mereka yang hidup dan tinggal di berbagai kota akan berbondong-bondong kembali ke kota asal untuk bertemu dan melepas rindu dengan dengan orangtua dan sanak saudara.

Namun, siapa sangka tradisi mudik ini bukan hanya terjadi di Indonesia Melansir kemenkeu.go.id, berikut tradisi mudik juga terjadi di beberapa negara lain:

Baca Juga: 8 Negara Ini Punya Cara Berbeda Mengelola Zakat

1. Malaysia

Salah satu negara tetangga Indonesia yakni Malaysia juga memiliki masyarakat yang mayoritasnya memeluk agama Islam.

Masyarakat Malaysia biasa menyebut Hari raya Idul Fitri atau Lebaran dengan istilah Hari Raya Puasa. Masyarakat Malaysia memiliki tradisi mudik yang biasa mereka sebut “balek kampung”.

Pada umumnya, masyarakat Malaysia balik kampung dimulai sejak seminggu sebelum Hari Raya Puasa tiba.

2. Turki

Tradisi mudik juga bisa kita temukan di Turki. Namun, Hari raya Idul Fitri atau Lebaran di Turki lebih popular dengan istilah Seker Bayram. Masyarakat Turki memanfaatkan momen Seker Bayram ini selain untuk bersilahturahmi juga untuk berziarah yang dilakukan secara besar-besaran.

Bahkan, dengan adanya tradisi berziarah saat mudik ini, membuat banyak bermunculan pasar bunga di berbagai daerah di Turki menjelang datangnya arus mudik.

3. Mesir

Ada juga nih yang memiliki tradisi mudik namun bukan hanya saat Hari Raya Idul Fitri, melainkan saat Hari Raya Idul Adha, yakni negara Mesir. Hal ini dikarenakan perayaan Hari Raya Idul Adha kerap dirayakan lebih meriah dan Hari Raya Idul Fitri dianggap hari raya kecil.

4. Arab Saudi

Negara lain yang dengan mayoritas umat Muslim adalah Arab Saudi. Tradisi mudik juga sangat identik dengan perayaan Lebaran di negara ini. Menjelang Lebaran, banyak perantau yang mulai pulang ke kampung halamannya.

Di Arab Saudi, perayaan Lebaran sangat meriah. Rumah-rumah banyak dihiasi dengan dekorasi meriah. Berbagai festival yang meriah kerap diselenggarakan seperti pergelaran teater, pertunjukan musik, dan kesenian lainnya.

5. India

Negara berikut ini memiliki perayaan Lebaran yang juga meriah meskipun jumlah umat muslimnya tergolong minoritas, yakni negara India. Bahkan, tradisi mudik di India lebih heboh dan perayaan hari Lebaran lebih meriah dari Indonesia.

Transportasi umum seperti kereta api akan penuh sesak hingga banyak masyarakat yang bergelantungan di jendela, pintu, hingga atap kereta. Meski begitu, tradisi mudik di India akan mencapai puncaknya ketika hari Festival of Lights atau Diwali yang merupakan hari besar umat Hindu yang memang dirayakan secara besar-besaran di India dimana umat Hindu memang golongan mayoritas.

6. China

Seperti halnya India, negara yang satu ini merupakan negara dengan mayoritas non Muslim, yakni negara China. Ternyata, di China juga memiliki tradisi mudik meski puncaknya bukan saat momen Lebaran. Puncak tradisi mudik terjadi saat hari raya terbesar di China yaitu tahun baru Imlek.

Baca Juga: Aktivis AS Pembela Palestina Masuk Islam di Hari Pertama Ramadan, Intip Perjuangannya

Tak jauh berbeda, momen Imlek juga merupakan momen untuk bersilahturahmi yang identik dengan kebersamaan keluarga.

7. Amerika

Selain India dan China, Amerika Serikat juga memiliki tradisi mudik pada hari perayaan besar.

Hampir semua masyarakat merayakan hari “Thanksgiving” sebagai hari pengucapan syukur dimana masyarakat berkumpul bersama keluarga. Jadi, tidak heran bagi perantau akan melakukan tradisi mudik pada momen ini.

Nah itulah beberapa tradisi mudik yang terjadi di berbagai negara lainnya di belahan dunia lainnya. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga