Selalu Minta Restu Orang Tua, Kunci Sukses Ketua dan Wakil Ketua BEM UHO

Musyrifa Sya’adah, telisik indonesia
Selasa, 24 Januari 2023
0 dilihat
Selalu Minta Restu Orang Tua, Kunci Sukses Ketua dan Wakil Ketua BEM UHO
Ketua BEM UHO, Abdullah Alhayad Arafah (kiri) dan Wakil Ketua BEM UHO Defrian (kanan), yang baru saja dilantik nyatanya memiliki sejumlah prestasi. Foto: Ist.

" Sebelum mereka berdua akhirnya menjabat sebagai Ketua dan Wakil Ketua BEM UHO, mereka ternyata sudah aktif di berbagai kompetisi "

KENDARI, TELISIK.ID – Baru saja dilantik sebagai Ketua dan Wakil Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Halu Oleo (UHO) periode 2023/2024, Abdullah Alhayad Arafah dan Defrian ternyata adalah sosok mahasiswa yang memiliki sejumlah prestasi.  

Abdullah Alhayad Arafah atau yang lebih dikenal dengan sebutan Hayad yang kini menjabat sebagai Ketua BEM UHO adalah mahasiswa Jurusan Teknik Informatika angkatan 2019 dan Wakilnya, Defrian adalah mahasiswa Jurusan Ilmu Hukum Universitas Halu Oleo angkatan 2020.

Sebelum mereka berdua akhirnya menjabat sebagai Ketua dan Wakil Ketua BEM UHO, mereka ternyata sudah aktif di berbagai kompetisi.

Di tahun 2020, Hayad berhasil menjadi terbaik III dalam Kontes Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) tingkat universitas. Di tahun 2022, dia berhasil meraih juara 1 lomba ceramah Nilai-Nilai Dasar Perjuangan (NDP) HMI Komisariat Hukum UM Kendari dan juga berhasil meraih terbaik 1 putra pada Pemilihan Duta Bahasa Sulawesi Tenggara 2022.

Tidak kalah dengan Hayad, Defrian juga pernah menjadi 10 besar lomba karya tulis ilmiah yang diselenggarakan oleh Voice Law, menjadi delegasi lomba debat tingkat regional pada kegiatan lomba debat Sambo Law Fair, dan menjadi delegasi terfavorit dalam lomba Law faculty Moot Court Competition (LFMCC) ke-9 Fakultas Hukum Universitas Halu Oleo.

Baca Juga: Ini Info Pendaftaran SNPMB Bagi Siswa SMA yang Ingin Daftar Jalur Seleksi Nasional

Tidak hanya berkompetisi, mereka juga aktif berorganisasi. Di tahun 2020-2021, Hayad merupakan anggota UKM Bahasa Asing, selanjutnya di tahun 2021-2022 dirinya menjabat sebagai Ketua Umum UKM Penalaran UHO, dan di tahun yang sama ia juga menjabat sebagai Duta Bahasa Sulawesi Tenggara.

Berbeda dengan Hayad, Defrian sudah aktif mengikuti berbagai organisasi sejak duduk di semester I. Mulai dari berkader di lembaga pusat kajian konstitusi (Pusako) Fakultas Hukum UHO, anggota Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum Mahasiswa Islam (LKBHMI) cabang Kendari hingga menjadi Ketua Komisi Eksternal Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Fakultas Hukum, dan saat ini sebagai Wakil Ketua BEM Universitas Halu Oleo.

Baca Juga: Siswa SMKN 7 Kendari Kembangkan Produk Olahan Hasil Laut

Hayad dan Defrian juga membagikan tips dan trik agar bisa menjadi sosok pemimpin muda yang berprestasi seperti mereka. Menurut Hayad, dirinya selalu meminta hidayah dan taufik dari Allah SWT dalam berkegiatan dan tentunya restu orang tua.

“Tidak menyia-nyiakan kesempatan, selama itu baik, coba saja dulu. Persoalan berhasil atau tidak itu urusan belakangan. Percaya diri, memiliki target ke depan, pantang menyerah dan pandai membagi waktu,” ujarnya.

Defrian menambahkan, untuk menjadi sosok pemimpin berprestasi, harus terus belajar dan berproses, baik di lembaga ataupun organisasi di dalam maupun luar kampus dengan dan tanpa melupakan kewajiban sebagai mahasiswa, artinya kuliah itu yang utama dan organisasi juga penting. (B)

Penulis: Musyrifa Sya’adah

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga