Selama Masa PPKM, Pemkab Butur Salurkan Bantuan Beras untuk Warga

Aris, telisik indonesia
Jumat, 30 Juli 2021
0 dilihat
Selama Masa PPKM, Pemkab Butur Salurkan Bantuan Beras untuk Warga
Wakil Bupati Buton Utara, Ahali, saat serahkan bantuan beras kepada warga di halaman Sekretariat Daerah Kabupaten Buton Utara. Foto: Ist.

" Bantuan ini bersumber dari Cadangan Beras Pemerintah (CBP), yang dikelola oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia "

BUTON UTARA, TELISIK.ID - Pemkab Buton Utara (Butur) menyalurkan bantuan beras bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Sosial Tunai (BST), yang terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Penyaluran dilakukan secara simbolis Wakil Bupati Butur, Ahali, kepada perwakilan enam kecamatan di halaman Sekretariat Daerah Kabupaten Butur, Jumat (30/7/2021).

Bantuan ini bersumber dari Cadangan Beras Pemerintah (CBP), yang dikelola oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Pemerintah daerah setempat mencatat penerima bantuan sebanyak 7.706 KPM dan tersebar di enam kecamatan se-Kabupaten

Butur. Mereka terdiri dari 3.781 KPM PKH dan 3.925 KPM BST. Dimana, setiap KPM menerima 10 Kg.

Wakil Bupati Butur, Ahali mengatakan, atas nama pemerintah dan masyarakat Butur mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Sosial RI dan Perum Bulog yang mendistribusikan bantuan beras PPKM menghadapi situasi pandemi COVID-19.

Program bantuan beras PPKM ini, bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran KPM melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan beras selama masa PPKM.

“Kami sebagai pimpinan daerah sangat mengharapkan peran serta yang optimal dari semua stakeholder terkait, baik yang terlibat langsung dalam penyalurannya maupun pengawasan program ini. Sehingga menjadi tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.

Baca Juga: Pimpinan Umat Katolik Tiga Kabupaten di NTT Positif COVID-19, Begini Kondisinya

Baca Juga: Pemda Salurkan Bantuan PKM pada Masyarakat Buteng

Ahali menyampaikan kepada perwakilan Bulog, agar memperhatikan kualitas maupun kuantitas beras yang akan dibagikan, serta memastikan bahwa beras tersebut telah sesuai standar yang telah ditentukan yaitu kualitas medium dengan satuan 10Kg/KPM sebanyak 7.706 KPM.

Kepada Dinas Sosial Butur dan para pendamping bansos PKH/TKSK, juga diminta agar senantiasa melakukan pengawasan intensif selama kegiatan penyaluran, serta bersinergi baik dengan pemerintah kecamatan, pemerintah desa maupun kelurahan demi efektifnya program penyaluran BB-PPKM.

“Saya mengimbau pemerintah desa/kelurahan di wilayah kerjanya masing-masing, agar pro aktif membackup program penyaluran BB-PPKM bagi KPM PKH dan BST ini,” harapnya.

Dalam acara penyaluran secara simbolis bantuan itu, turut dihadiri Pj Sekretaris Daerah Butur, Yuni Nurmalawati, Dandim 1429 Butur, Kabag OPS Polres Butur, Kepala Dinas Sosial Butur, Kepala Gudang Bulog, serta jajaran OPD lingkup Pemkab Butur. (C-Adv)

Reporter: Aris

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga