Seleksi PPPK Dimulai, Pertama Kalinya Bombana Tilok Mandiri

Melsandy Wauda, telisik indonesia
Kamis, 16 November 2023
0 dilihat
Seleksi PPPK Dimulai, Pertama Kalinya Bombana Tilok Mandiri
Peserta seleksi PPPK Kabupaten Bombana sebelum masuk ruangan ujian. Foto: Ist.

" Pelaksanaan tes CAT (Computer Assisted Test) dengan sistem tilok mandiri adalah terobosan baru dilaksanakan di Bombana "

BOMBANA, TELISIK.ID - Pelaksanaan ujian seleksi PPPK Kabupaten Bombana dimulai pada hari Kamis (16/11/2023), bertempat di Aula Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Bombana.

Para peserta seleksi diwajibkan membawa dokumen seperti KTP dan Kartu Peserta Ujian yang asli untuk registrasi masuk ke ruangan ujian. Pembukaan ujian dilakukan oleh Kepala BKPSDM, Sunandar, dimulai pada pukul 8.00 di Lab Perpustakaan Daerah.

Pelaksanaan tes CAT (Computer Assisted Test) dengan sistem tilok mandiri adalah terobosan baru dilaksanakan di Bombana. Selama beberapa periode sebelumnya, tilok mandiri selalu berdasarkan BKN atau cost sharing dengan Kabupaten Kolaka.

Tercatat, total ada 2322 pendaftar dan hanya 2089 peserta yang lolos seleksi administrasi. Menurut Sunandar, tidak semua peserta ujian mengikuti tes di Bombana, tetapi ada beberapa yang mengikuti tes di luar Bombana.

"Itulah bagusnya sistem aplikasi, jadi tidak harus datang di Bombana, tapi bisa tes dari lokasi yang telah ditunjuk oleh BKN," ucap Sunandar.

Baca Juga: Ratusan Calon PPPK Guru Lingkup Pemkab Kolaka Utara Bakal Ikut Seleksi Kompetensi di Kendari

Ujian ini diadakan selama 10 hari, dari tanggal 16-25 November 2023 dan terdapat tiga sesi pada setiap harinya, kecuali hari Jumat hanya dua sesi.

Untuk memastikan ujian berjalan kondusif, pihak BKPSDM telah berkoordinasi dengan pihak PLN agar tidak ada pemadaman selama proses ujian berlangsung di sekitar tempat ujian dan Kelurahan Poea karena server dari Kominfo dan Indihome ada disitu.

Pihak BKPSDM sangat berterima kasih untuk pemerintah daerah termasuk Kepada Dinas Perpustakaan yang telah meminjamkan gedungnya untuk dipakai dalam pelaksanaan test CAT sekarang ini.

Secara teknis, pemeriksaan dan tata tertib sebelum masuk ke ruangan ujian adalah selain alat tulis menulis dan kartu identitas dalam hal ini KTP, dilarang untuk dibawa masuk ke dalam ruang ujian. Bahkan ikat pinggang tidak diizinkan untuk dibawa ke dalam ruang ujian.

Baca Juga: Jadwal Seleksi Kompetensi PPPK Muna 16-29 November di 6 Provinsi

Peserta seleksi diimbau agar tidak mempercayai oknum yang menjanjikan untuk membantu kelulusan tes karena yang dapat diandalkan hanyalah diri sendiri, dengan berdoa dan berusaha.

"Mari kita sama-sama bertanggung jawab dan saling bahu membahu agar kegiatan seleksi ini berjalan seperti yang kita inginkan," tambah Rahman.

Sementara itu, pemerintah menegaskan bahwa kegiatan ini bersifat fleksibel, transparan dan akuntabel. Sangat diharapkan bahwa walaupun ini adalah pelaksanaan pertama kali secara mandiri, Bombana bisa menjadi yang terbaik se-Sulawesi Tenggara. (B)

Penulis: Melsandy Wauda

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga