Sembako Diserbu Warga saat Pasar Murah di Pasar Lapulu Kendari

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 06 April 2023
0 dilihat
Sembako Diserbu Warga saat Pasar Murah di Pasar Lapulu Kendari
Sejak dibuka pukul 17.00 Wita oleh Pj Wali Kota Krndari, Asmawa Tosepu, pasar murah ini langsung diserbu oleh pembeli, beberapa komoditas bahkan habis hanya selang sejam. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Menyikapi persoalan kebutuhan pokok masyarakat yang saat ini harganya semakin melonjak, Pemerintah Kota Kendari mengantisipasi dengan pasar murah "

KENDARI, TELISIK.ID - Menyikapi persoalan kebutuhan pokok masyarakat yang saat ini harganya semakin melonjak, Pemerintah Kota Kendari mengantisipasi dengan pasar murah.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Sulawesi Tenggara, Anton Timbang mengatakan, jika pasar murah itu sudah mendapatkan subsidi dari Kadin Sulawesi Tenggara, masing-masing sembako sebesar Rp 5 ribu.

Selain itu, pasar murah merupakan kegiatan rutin Kadin Sulawesi Tenggara yang dilaksanakan sejak 2021 lalu. Di tahun sebelumnya, pasar murah dilaksanakan di pelataran Kantor Kadin Sulawesi Tenggara dan pelataran eks MTQ Kota Kendari.

Baca Juga: Pasar Murah Kendari Siapkan 2.200 Paket Subsidi

Tempat sama, Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu menuturkan pasar murah itu guna menstabilkan harga sembako, terutama kebutuhan pokok masyarakat baik saat bulan ramadan maupun menjelang idul fitri. Pasar murah ini sendiri kerjasama antara Pemkot, Kadin Sulawesi Tenggara dan Perumda pasar.

"Pemkot tidak bisa berbuat apa-apa tanpa dukungan stakeholder, elemen masyarakat termasuk pelaku usaha dan sektor swasta. Sehingga mudah-mudahan ini adalah bekerjasama yang baik dengan sektor swasta," ujarnya, Kamis (6/4/2023).

Pasar murah ini diselenggarakan sejak 6-19 April 2023 yang berlokasi di sejumlah titik pasar di antaranya, pasar Lapulu sejak 6-9 April 2023, pasar Nambo sejak 11-12 April 2023, pasar Punggolaka 14-16 April 2023, dan terakhir pasar Baruga 18-19 April 2023. Sementara itu untuk jumlah distributor yang terlibat di pasar murah ini yakni Indomaret dan Bulog.

Seorang ibu rumah tangga, Eda sangat berterima kasih dengan diselenggarakannya pasar murah di daerahnya, ia merasa sangat terbantu dengan kegiatan tersebut.

Dari pantauan Telisik.id, sejak dibuka pasar murah di pasar Lapulu pukul 17.00 Wita tak sampai sejam sejak dibuka, sejumlah komoditi sembako seperti beras, gula pasir, dan minyak goreng laris diburu pembeli, bahkan beberapa warga tak kebagian sembako tersebut.

Baca Juga: Harga Kebutuhan Pokok di Muna Naik Drastis, Pemkab Antisipasi Pasar Murah

Pasar murah ini menjual beberapa jenis sembako seperti beras kualitas medium yang dibanderol Rp 43 ribu/5 Kg dan premium sebesar Rp 43 ribu/5 Kg, telur Rp 53 ribu/rak, minyak goreng sebesar Rp 13 ribu/liter, gula pasir Rp 11 ribu/ Kg, bawang merah dan bawang putih masing-masing sebesar Rp 30 ribu/ Kg, aneka jenis kue kering, sirup dan sebagainya.

Namun, jika Anda juga ingin membeli per paket, Anda juga bisa datang langsung dan membeli di pasar ini, hanya saja pastikan sebelum berbelanja Anda telah memiliki kupon. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga