Sembilan Daerah di Sultra Diperkirakan Bakal Dilanda Cuaca Ekstrem

Musdar, telisik indonesia
Kamis, 11 Juni 2020
0 dilihat
Sembilan Daerah di Sultra Diperkirakan Bakal Dilanda Cuaca Ekstrem
Cuaca ekstrem diperkirakan akan melanda sembilan daerah di Sultra. Foto: Repro Google.com

" Terkait dengan bencana akibat dari cuaca ekstrem harus diwaspadai seperti genangan air di beberapa wilayah bencana longsor, angin kencang dan potensi bencana lainnya. "

KENDARI, TELISIK.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan peringatan dini cuaca ekstrem yang diprakirakan akan terjadi di sejumlah wilayah di Sulawesi Tenggara (Sultra) sejak 11 hingga 18 Juni 2020 mendatang.

Berdasar prakiraan cuaca BMKG, curah hujan kategori tinggi (lebih dari 150 mm/dasarian) berpotensi terjadi selama seminggu ke depan dengan potensi "Waspadaā€¯.

BMKG UPT Stasiun Klimatologi Konawe Selatan, melalui rilisnya memprediksikan ada sembilan daerah di Sultra dengan persebaran di beberapa kecamatan di antaranya Kabupaten Buton tersebar di Kecamatan Kapontori, Lasalimu, Lasalimu Selatan, Pasarwajo, Siotapina, Wolowa.

Kabupaten Buton Utara tersebar di Kecamatan Bonegunu, Kambowa, Kulisusu, Kulisusu Barat. Kabupaten Kolaka Utara tersebar di Kecamatan Katoi, Kodeoha, Lambai, Lasusua, Tiwu. Kabupaten Konawe tersebar di Kecamatan Bondoala, Kapoiala, Lalonggasumeeto, Soropia.

Baca juga: Kepolisian tak Hadir, Sidang Praperadilan Ruslan Buton Ditunda

Kabupaten Konawe Kepulauan tersebar di Kecamatan Wawonii Barat, Wawonii Selatan, Wawonii Tengah, Wawonii Tenggara, Wawonii Timur, Wawonii Timur Laut, Wawonii Utara. Kabupaten Konawe Selatan tersebar di Kecamatan Kolono, Laonti, Moramo, Moramo Utara.

Kabupaten Konawe Utara tersebar di Kecamatan Andowia, Asera, Landawe, Langgikima, Lasolo, Lasolo Kepulauan, Lembo, Molawe, Motui, Oheo, Sawa, Wawolesea, Wiwirano. Kota Kendari tersebar Kecamatan Abeli, Kendari, Kendari Barat, Mandonga dan Kabupaten Muna tersebar di Kecamatan Batukara, Lasalepa, Maligano, Napabalano, Pasi Kolaga, Pasir Putih, Wakorumba Selatan.

"Terkait dengan bencana akibat dari cuaca ekstrem harus diwaspadai seperti genangan air di beberapa wilayah bencana longsor, angin kencang dan potensi bencana lainnya," tutur Kepala Kantor BMKG UPT Stasiun Klimatologi Konawe Selatan, Aris Yunatas

Reporter: Musdar

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga