adplus-dvertising

Semeru Meletus, Gubernur Khofifah Ngantor di Lumajang

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Minggu, 05 Desember 2021
505 dilihat
Semeru Meletus, Gubernur Khofifah Ngantor di Lumajang
Gubernur Jatim, Khofifah di lokasi pengungsian warga. Foto: Ist.

" Guna mengawal secara langsung upaya penanganan bencana guguran awan panas Gunung Semeru, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa memilih berkantor di Kabupaten Lumajang "

SURABAYA, TELISIK.ID - Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa memilih berkantor di Kabupaten Lumajang, guna mengawal secara langsung upaya penanganan bencana guguran awan panas Gunung Semeru.

Keputusan tersebut diambil Khofifah usai melihat luasnya dampak letusan Gunung Semeru di Kecamatan Candipuro, yaitu di Dusun Kampung Renteng, Dusun Kamar Kajang, Desa Sumber Mujur, Desa Sumberwuluh, Desa Penanggal, dan Desa Sumber Rejo.

Sedangkan di Kecamatan Pronojiwo desa terdampak adalah Desa Supiturang, Sumber Urip dan Oro- Oro Ombo. Dimana, sejumlah rumah warga tertimbun material vulkanik gunung api tertinggi di pulau Jawa ini.


"Seluruh pekerjaan saya kerjakan dari Lumajang. Beberapa agenda saya minta pak Wagub mewakili. Penanganan bencana GAP Semeru ini menjadi prioritas utama, utamanya search and rescue (pencarian dan penyelamatan)," ungkap Khofifah di Lumajang, Minggu (5/12/2021).

"Termasuk yang berkenaan dengan kebutuhan para pengungsi, semua di bawah koordinasi BNPB, Pemprov Jatim dan Pemkab Lumajang akan memaksimalkan layanan masyarakat terdampak bencana," sambungnya.

Baca Juga: 13 Meninggal Dunia, Ini Daftar Daerah Terdampak Letusan Semeru

Khofifah menyebut, dengan berkantor langsung di Lumajang maka koordinasi antar stakeholder terkait upaya penanganan kegawatdaruratan pasca terjadi GAP Gunung Semeru jauh lebih cepat.

Baca Juga: Semeru Meletus, Pemprov Jatim Terjunkan Tagana ke Lokasi Bencana

Terkait banyaknya rumah warga yang rusak dan hancur akibat guguran awan panas, Gubernur Khofifah mengatakan, Pemprov Jatim akan berkoordinasi dengan BNPB dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait langkah-langkah penanganan jangka pendek dan panjang.

Termasuk terkait sejumlah ruas jembatan yang runtuh akibat lahar dingin Gunung Semeru.

"Bantuan dari BNPB, PUPR, TNI terkait penanganan jangka pendek sudah berdatangan sejak semalam. InsyaAllah, penanganan bencana erupsi ini bisa berjalan dengan baik. Menko PMK juga terus aktif berkoordinasi terkait apa-apa saja yang dibutuhkan Jawa Timur," jelasnya. (C)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga