Sempat Buron, Pelaku Penendang Sesajen di Semeru Ditangkap Polisi

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Jumat, 14 Januari 2022
0 dilihat
Sempat Buron, Pelaku Penendang Sesajen di Semeru Ditangkap Polisi
Tersangka di Mapolda Jatim usai ditangkap gegara tendang sesajen di gunung Semeru. Foto: Humas Polda Jatim

" Sempat menjadi buronan, akhirnya pelaku penendang sesajen di gunung Semeru Lumajang ditangkap tim gabungan dari Polda Jawa Timur "

SURABAYA, TELISIK.ID - Sempat menjadi buronan, akhirnya pelaku penendang sesajen di gunung Semeru Lumajang ditangkap tim gabungan dari Polda Jawa Timur (Jatim), Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Polda Daerah Iistimewa Yogyakarta (DIY). Tersangka yang diamankan tersebut berinisial HF, warga NTB.

Kabidhumas Polda Jatim, Kombes Pol Gatot Repli Handoko membenarkan atas penangkapan tersebut. Pelaku sendiri ditangkap di gang Dorowati, Pringgolayan, Banguntapan, Bantul, DIY.

“Sampai di Polda Jatim tadi pagi, Jumat (14/1/2022),” jelasnya di Mapolda Jatim.

Gatot mengatakan penyidik sendiri sudah menetapkan yang bersangkutan sebagai tersangka.

”Statusnya sudah  tersangka dan dijerat dengan pasal 156 dan pasal 158 KUHP tentang penghinaan atau penodaan agama dan pemeriksaan dilaksanakan di Polda Jatim,” jelasnya, Jumat (14/1/2022).

Dalam pemeriksaan awal, kata Gatot, motif tersangka melakukan penendangan tersebut karena spontanitas pemahaman keyakinan tersangka.

“Sementara karena spontanitas karena pemahaman keyakinan saja. Barang bukti yang (disita) pertama saja yang di lokasi hasil olah TKP. Yang kedua rekaman video dan handphone nya,” jelasnya.

Sedangkan Dirkrimum Polda Jatim, Kombes Pol Totok Suharyanto mengatakan dari keterangan awal tersangka, handphone yang digunakan untuk merekam kejadian itu adalah ponsel miliknya sendiri, termasuk di antaranya, yang mengunggah video tersebut ke media sosial adalah dirinya sendiri.

“Jadi handphone yang digunakan menurut keterangan awal dari tersangka, Kemudian dia minta bantuan teman yang di lokasi itu untuk mengambil dan memvideokan setelah itu yang bersangkutan. Hasil video itu (diunggah) ke grup WA yang bersangkutan,” tandasnya.

Baca Juga: Sindikat Perdagangang Orang Sumut-Malaysia Dibongkar Polisi

Sekedar diketahui, sempat viral di medsos sebuah video seorang pria viral usai menendang sesajen di kawasan erupsi Gunung Semeru. Sambil menunjuk ke sesajen pria itu berkata: "Ini yang membuat murka Allah. Jarang sekali disadari bahwa inilah yang justru mengundang murka Allah, hingga Allah menurunkan azabnya. Allahu Akbar," ucapnya.

Sedetik kemudian, tangan pria itu bergerak membuang sesajen buah dan menendang sesajen nasi. Kebetulan letak sesajen itu berada di atas permukaan tanah yang lebih tinggi sehingga kedua sesajen itu langsung jatuh.

Baca Juga: Kerap Mengancam dan Memeras Pengguna Jalan, Tiga Pelaku Ditangkap Buser Polres TTU

Aksi pria tersebut mendapat kecaman dari semua pihak dan berharap pihak kepolisian menangkap pelaku mengingat aksinya menimbulkan keresahan di masyarakat. (B)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin

Baca Juga