Sempat Ditolak, Indomaret Bakal Tampung Produk UMKM Muna Barat

Putri Wulandari, telisik indonesia
Jumat, 17 Maret 2023
0 dilihat
Sempat Ditolak, Indomaret Bakal Tampung Produk UMKM Muna Barat
Pasca sosialisasi antara PT Indomarco Prismatama bersama jejeran pemerintah daerah Muna Barat, masyarakat akhirnya bersedia menerima kehadiran Indomaret. Foto: Ist.

" Sempat ditolak oleh masyarakat, PT Indomarco Prismatama berjanji akan membuka jalan bagi UMKM Muna Barat untuk masuki pasar ritel milik Indomaret "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Sempat ditolak oleh masyarakat, PT Indomarco Prismatama berjanji akan membuka jalan bagi UMKM Muna Barat untuk masuki pasar ritel milik Indomaret.

Diketahui, saat pencanangan pembangunan gerai Indomaret, ada beberapa masyarakat yang sempat menolak dengan kehadiran gerai tersebut, dengan alasan dapat mematikan pelaku usaha lokal di Muna Barat dan condong memajukan pengusaha konglomerat.

Untuk itu, jajaran Pemerintah Kabupaten Muna Barat melakukan diskusi bersama PT Indomarco Prismatama terkait pembangunan beberapa gerai Indomaret yang akan dibangun sebanyak 10 gerai di wilayah Muna Barat.

Asisten II Setda Muna Barat, Muhamad Naziirun mengatakan, Kabupaten Muna Barat terbuka bagi siapa saja yang ingin berusaha, sehingga perlunya persiapan diri untuk bersaing dan melangkah ke depan.

"Kalau kita siap menjadi kabupaten yang berdaya saing, berarti kita siap menerima tantangan dengan hadirnya Indomaret ini," ungkap Naazirun, Kamis (17/3/2023).

Baca Juga: Kadin Muna Siap Bantu Pasarkan Produk UMKM

Naazirun katakan, memang hadirnya Indomaret di Muna Barat sempat mengalami pro dan kontra, untuk itu Pj Bupati Muna Barat, Bahri melaksanakan terlebih dahulu sosialisasi dan uji publik bersama masyarakat.

Indomaret bekerja sama dengan UMKM, baik pelatihan kewirausahaan guna menumbuhkan ekonomi kerakyatan melalui inovasi dan kreativitas UMKM serta memasarkan produk lokal.

Maka, dalam gelar diskusi itu hampir seluruh peserta diskusi menyambut baik hadirnya Indomaret dengan pola kemitraan bersama UMKM yang ada di Muna Barat serta penerimaan karyawan diutamakan dari penduduk lokal.

Baca Juga: Produk UMKM Lokal Butuh Perbaikan Fasilitas Pemerintah

Pemerintah daerah juga menyambut baik dan berterima kasih kepada pihak Indomaret yang ingin berinvestasi di Muna Barat.

Sementara itu, Wa Ima salah seorang pedagang anyaman mengaku senang jika hadirnya gerai Indomaret bakal menampung hasil produk UMKM.

"Kalau hasil anyaman saya bisa dijual di gerai Indomaret maka saya sepakat sekali," ungkapnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga