Sempat Eksis di Masanya, Begini Kondisi Pantai Batu Gong Sekarang

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Minggu, 13 Maret 2022
0 dilihat
Sempat Eksis di Masanya, Begini Kondisi Pantai Batu Gong Sekarang
Pantai Batu Gong di Kecamatan Lalonggasumeeto, Kabupaten Konawe. Foto: Nurdian Pratiwi/Telisik

" Sepinya pengunjung Pantai Batu Gong, salah satunya diakibatkan oleh banyaknya destinasi wisata terbaru yang jauh lebih bagus dan kekinian "

KONAWE, TELISIK.ID - Semakin banyaknya destinasi wisata untuk liburan dan menghabiskan waktu luang, menjadi kesempatan banyak orang pula untuk memilih tempat wisata terbaik pilihan mereka.

Bahkan tak sedikit dari kebanyakan orang sekarang yang memilih tempat wisata yang lebih baru untuk mendapatkan nuansa yang lebih baru juga.

Hingga tak jarang tempat wisata-wisata yang lebih dulu sudah ada, mulai terlupakan dan kini sepi pengunjung.

Seperti halnya Pantai Batu Gong yang terletak di Jalan Poros Batu Gong, Desa Batu Gong, Kecamatan Lalonggasumeeto, Kabupaten Konawe.

Pantai yang pernah menjadi andalan warga Konawe dan Kendari untuk berlibur serta menghabiskan waktu luang itu, kini sudah sepi oleh pengunjung, bahkan pada saat weekend.

Salah seorang penduduk lokal, Saskia mengatakan, sepinya pengunjung salah satunya diakibatkan oleh banyaknya destinasi wisata terbaru yang jauh lebih bagus dan kekinian.

“Mungkin karena sekarang udah zaman moderen jadi orang-orang juga carinya tempat yang lebih moderen,” katanya pada Telisik.id, Minggu (13/3/2022).

Saskia menambahkan, kebanyakan masyarakat sekarang mencari tempat yang bagus, agar bisa mengabadikan momen indah mereka, untuk dibagikan di media sosialnya.

Baca Juga: Pesona Air Terjun Tirta Rimba Baubau

“Terutama kaum muda mudi yah. Bahkan banyak dari mereka yang rela pergi jauh hanya untuk melihat pemandangan yang indah,” ungkapnya.

Menurut Saskia, hal tersebut bisa dimaklumi mengingat zaman sekarang yang sudah penuh dengan kreatifitas orang-orang dalam mengembangkan ide, salah satunya dengan membangun tempat wisata atau destinasi yang jauh lebih bagus dan kekinian.

Warga lainnya, Elsa mengatakan, selain faktor banyaknya destinasi wisata baru, faktor lingkungan yang tidak terawat juga menjadi alasan kenapa Pantai Batu Gong tak lagi eksis.

“Lingkungannya sudah tidak terawat, mungkin karena penduduk yang tinggal di pinggiran pantai juga sudah pindah di daerah yang jauh dari pantai,” katanya.

“Jadi tidak ada lagi yang pantau kondisi pantai itu,” sambungnya.

Kata dia, berpindahnya penduduk yang sempat menetap di pinggiran Pantai Batu Gong, karena tidak banyak lagi pengunjung.

Baca Juga: Wisata Pantai O'a Wolio, Pesona Alam Asri Pulau Kapota

Sehingga mereka yang dulunya berjualan di pantai, terpaksa harus menutup usahanya dan mencari tempat lain untuk berjualan.

“Bahkan penjual sate dan gogos dari daerah sinipun, sekarang harus jauh-jauh ke Pantai Toronipa untuk jualan,” ungkapnya.

Penduduk lainnya, Aksan juga menjelaskan bahwa kondisi air Pantai Batu Gong sudah tidak bagus lagi atau sudah tercemar.

“Paling yang datang ke Batu Gong cuma untuk foto-foto saja, kalau berenang udah jarang, mungkin karena airnya yang sudah bercampur limbah dari tambang nikel,” ungkapnya. (A)

Reporter: Nurdian Pratiwi

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga