Senator DPD RI Wa Ode Rabiah Al Adawiah Ridwan: Buktikan Anak Muda Bisa

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Rabu, 17 Mei 2023
0 dilihat
Senator DPD RI Wa Ode Rabiah Al Adawiah Ridwan: Buktikan Anak Muda Bisa
Wa Ode Rabiah Al Adawiah merupakan anggota DPD RI perwakilan Sulawesi Tenggara tahun 2019-2024. Foto: Instagram Waoderabia

" Malalui kinerjanya sebagai anggota DPD RI, Wa Ode Rabiah Al Adawiyah membuktikan jika anak muda bisa membangun dan berkarya "

KENDARI, TELISIK.ID - Malalui kinerjanya sebagai anggota DPD RI, Wa Ode Rabiah Al Adawiyah membuktikan jika anak muda bisa membangun dan berkarya.

Lahir di Kota Kendari, 2 September 1989, Rabiah merupakan putri dari mantan Bupati Muna 2 periode, La Ode Ridwan Bae yang  berdarah asli Muna, Sulawesi Tenggara.

Mengawali pendidikan sekolah dasarnya di SD Kuncup Pertiwi Kendari pada tahun 1996-2000. Pada tahun 2000 ia pindah ke SD Negeri 1 Raha. Seusai tamat SD, ia melanjutkan pendidikannya di SMP Negeri 2 Raha dan SMA 1 Raha.

Baca Juga: PENA 98 Ajak Mahasiswa UHO Kendari Refleksi 25 Tahun Reformasi

Setelah tamat sekolah, Rabiah memilih Universitas Pelita Harapan Jakarta sebagai kelanjutan pendidikan S1-nya. Lulus pada tahun 2012 dan mendapat gelar sarjana ekonomi (SE). Ia pun melanjutkan ke jenjang S2 di Leeds Becket University.

Ia memiliki banyak pengalaman organisasi diantaranya:

1. DPP Musyawarah Keluarga Gotong Royong (MKGR).

2. Al Hidayah.

3. Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI).

4. Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI).

5. Kaukus Perempuan Parlemen Republik Indonesia (KPPRI).

6. Komite Pengamanan Perdagangan Indonesia (KPPI).

7. SDGs LIRA.

8. Kamar Dagang Industri Indonesia (Kadin).

Ia mengawali karirnya di dunia politik sejak tamat S2 ketika masuk ke DPP Partai Golkar pada tahun 2016. Namun, pada tahun 2018 ada beberapa hal yang mengakibatkan Rabiah akirnya keluar dari kepengurusan DPP.

Sejak aktif di dunia politik, ia juga sudah terbiasa turun lapangan untuk bertemu masyarakat. Pada tahun 2019, ia mencalonkan diri sebagai senator DPD RI perwakilan Sulawesi Tenggara periode 2019-2024 dan terpilih.

Rabiah juga aktif di sosial media seperti Facabook, Instagram dan Tiktok serta kerap kali membagikan postingan tentang aktivitasnya di masyarakat maupun momen pribadinya.

Tak sampai di situ, ia masih akan tampil pada Pemilu 2024 dan kembali mendaftarkan dirinya sebagai bakal calon anggota DPD RI pada Kamis, (11/5/2023) di KPU Sulawesi Tenggara.

‘’Iya, Insya Allah masih lanjut untuk 2 periode, sudah saatnya kita buktikan bahwa anak muda juga bisa. Kita bangun dan bangkit bersama masyarakat,’’ ujarnya.

Baca Juga: Masyarakat Lalembuu Hari Ini Unjuk Rasa di Kota Kendari, Tagih Janji Gubernur Ali Mazi

Ia mengaku hobi bertemu masyarakat dan bencengkrama untuk mendengarkan keluhan-keluhan ataupun aspirasi mereka.

Salah seorang penghubung (LO), Asri Salam mengatakan, Rabiah dikenal dengan sosok yang humble dan mudah akrab dengan siapa saja.

‘’Saya saja seperti tidak ada jarak saking akrabnya. Insya Allah, kami dukung yang terbaik untuk beliau yang punya niat baik untuk memajukan daerah kita,’’ bebernya. (B)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga