Seniman dan Budayawan Yogyakarta Padukan Seni dengan Pertanian

Affan Safani Adham, telisik indonesia
Senin, 27 Juli 2020
0 dilihat
Seniman dan Budayawan Yogyakarta Padukan Seni dengan Pertanian
Seniman dan budayawan ekspresikan diri di masa pandemi COVID-19 dengan pameran virtual. Foto: Affan Safani Adham/Telisik

" Ini momentum bagi kami agar tidak hanya mencari kepuasan pribadi saja, tapi juga untuk hal yang lebih bermakna di tengah pandemi COVID-19. "

YOGYAKARTA, TELISIK.ID - Koperasi Seniman dan Budayawan (Koseta) Yogyakarta membuat terobosan baru, yakni mengumpulkan modal melalui penjualan karya lukis, dimana kolektor akan menjadi investor yang akan membantu program dengan membeli karya seni.

Berkaitan hal itu, puluhan seniman menggelar pameran karya seni secara virtual melalui program Resoilnation Art for Sustainable Farming.

Selama dua bulan sebanyak 40 karya seni rupa dari 23 pameris akan ditampilkan secara daring melalui resoilnation.id, yang dibuat sebagai upaya memastikan ketahanan pangan.

Mereka akan membuka lahan pertanian dari lukisan yang terjual dan sekaligus mengupayakan para petani tetap berkarya serta memastikan ketahanan pangan.

Mereka akan membuka lahan-lahan pertanian di kawasan Wukirsari Sleman dan akan diolah dengan maksimal untuk memastikan ketahanan pangan bersama.

"Ini momentum bagi kami agar tidak hanya mencari kepuasan pribadi saja, tapi juga untuk hal yang lebih bermakna di tengah pandemi COVID-19," kata Risang Yuwono, Direktur Program di Eclipse Hotel Prawirotaman.

Ide para seniman itu diapresiasi Wakil Wali Kota Yogyakarta, Drs Heroe Poerwadi, MA. "Hal ini menunjukkan bagaimana masyarakat Yogyakarta yang sebenarnya," kata Heroe Poerwadi.

Baca juga: Rp 5 Miliar Dana Kotaku Dikucurkan

Kata Heroe, seni dan ketahanan pangan mungkin dua hal yang berbeda. "Justru inilah ciri khas sosial masyarakat Yogyakarta," jelasnya.

Dikatakan Heroe, gerakan memadukan seni dengan pertanian itu merupakan hal luar biasa, yang berangkat dari kesadaran saling bantu.

Ini sangat luar biasa ada dua hal yang ingin dicapai maksimal antara seni dan ketahanan pangan.

Mereka mengekspresikan diri masa pandemi COVID-19 dengan pameran secara virtual yang sekaligus gerakan modal sosial di Yogyakarta.

Inilah masyarakat Yogyakarta yang sebenarnya, bergerak dengan inisiatif sendiri dan sangat diapresiasi masyarakat.

Program Resoilnation ini menjadi awal dijalankannya tatanan baru dan menjadi inspirasi kebangkitan seniman dan budayawan dalam sebuah gerakan memadukan seni dengan pertanian semua.

Reporter: Affan Safani Adham

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga