Seorang Muslim Bebas Memilih Pintu Surga Bila Lakukan 3 Amalan Ini

Haerani Hambali, telisik indonesia
Kamis, 20 Januari 2022
0 dilihat
Seorang Muslim Bebas Memilih Pintu Surga Bila Lakukan 3 Amalan Ini
Rutin membaca Al-Qur'an adalah salah satu amalan yang menyebabkan seorang Muslim dirindukan oleh surga. Foto: Repro okezone.com

" Ternyata ada amalan-amalan yang bisa dilakukan agar seorang Muslim bisa bebas memilih pintu surga yang diinginkannya "

KENDARI, TELISIK.ID - Setiap Muslim mengharapkan surga akan menjadi tempat kekalnya kelak di akhirat. Bahkan berharap bisa masuk surga tanpa harus dihisab terlebih dahulu.

Untuk bisa masuk surga, Allah menetapkan segala larangan dan perintah yang harus dilakukan. Demikian pula sunnah-sunnah Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam dijalankan demi melengkapi ibadah wajib.

Namun ternyata ada amalan-amalan yang bisa dilakukan agar bisa bebas memilih pintu surga. Sebagaimana diketahui, pintu surga sendiri terdiri dari delapan, dan setiap pintu surga itu bisa dimasuki oleh Muslimin sesuai dengan amal shalehnya.

Melansir muslim.or.id, ada tiga amalan yang bisa membuat seorang Muslim bebas memilih pintu surga.

1. Berakidah dengan benar

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda:

"Barang siapa mengucapkan: 'Aku bersaksi bahwa tidak ada yang berhak disembah selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya dan bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya. Serta Isa adalah hamba Allah dan anak salah satu hamba-Nya. Kalimat-Nya disampaikan kepada Maryam dan ruhnya berasal dari Allah. (Ia juga bersaksi) bahwa surga adalah benar adanya, neraka juga benar adanya', niscaya Allah akan memasukkannya ke surga dari delapan pintunya mana pun yang ia kehendaki." (HR Muslim dari Ubadah bin Ash-Shamit Radhiyallahu anhu).

2. Taat kepada pemerintah dalam kebaikan

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

"Barang siapa menyembah Allah dan tidak mempersekutukan-Nya dengan suatu apa pun, menegakkan salat, menunaikan zakat, mendengar dan taat (kepada pemerintah); niscaya Allah akan memasukkannya lewat pintu surga mana pun yang ia maui. Dan pintu surga itu ada delapan. Barang siapa menyembah Allah dan tidak mempersekutukan-Nya dengan suatu apa pun, menegakkan salat, menunaikan zakat, mendengar namun tidak taat (kepada pemerintah); maka nasibnya terserah Allah. Jika Dia berkehendak maka akan merahmatinya, sebaliknya jika Dia berkehendak, maka akan menyiksanya." (HR Ahmad dari Ubadah bin Ash-Shamit Radhiyallahu anhu dan dinilai hasan oleh Al Albany).

3. Wanita yang patuh kepada suaminya

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:  "Jika seorang wanita menunaikan salat lima waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menjaga kemaluannya, dan menaati suaminya; niscaya akan dikatakan kepadanya: 'Masuklah ke dalam surga dari pintu mana pun yang kau mau." (HR Ahmad dari Abdurrahman bin Auf Radhiyallahu anhu dan dinyatakan hasan oleh Syekh Al Albany).

Baca Juga: Begini Cara Buang Air Kecil yang Benar Agar Terhindar dari Siksa Kubur

Golongan Manusia yang Dirindukan Surga

Sementara itu, dilansir dari Akurat.co, dalam kitab Raunaqul Majalis disebutkan adanya empat golongan manusia yang dirindukan surga yaitu:

1. Pembaca Al-Qur'an

Rasulullah SAW bersabda, "Bacalah (Al-Qur'an), naiklah (pada derajat-derajat surga) dan bacalah dengan tartil sebagaimana engkau membacanya dengan tartil di dunia. Sesungguhnya kedudukan derajatmu pada kadar akhir ayat yang engkau baca.” (HR. Ahmad).

2. Orang yang menjaga lisannya

Dalam sebuah hadis dikatakan, "Wahai Rasulullah, ada seorang wanita yang hanya melaksanakan salat wajib saja dan hanya bersedekah dengan sepotong keju namun dia tidak pernah menyakiti tetangganya.”

Nabi Muhammad SAW lantas menjawab, "Dia termasuk penghuni surga." (HR. Bukhari).

Baca Juga: Kekuatan Doa, Mengubah yang Mustahil Menjadi Mustajab, Ini Penjelasannya

3. Orang yang memberi makan pada yang kelaparan

Rasulullah SAW bersabda, "Siapa pun kaum mukmin yang memberi makan mukmin lain yang kelaparan, maka pada hari kiamat nanti Allah akan memberinya makanan dan buah-buahan surga.” (HR. Tirmidzi).

4. Orang yang berpuasa di bulan Ramadan

Dalam sebuah hadis Nabi Muhammad SAW bersabda, "Surga memiliki delapan buah pintu. Di antara pintu tersebut ada yang dinamakan pintu Ar-Rayyan yang hanya dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa.” (HR. Bukhari). (C)

Reporter: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga