Seorang Pria Asal Kalimantan Barat Diduga Tangkap Ikan Pakai Bom di Perairan Pulau Mangata Bombana

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Kamis, 13 Juni 2024
0 dilihat
Seorang Pria Asal Kalimantan Barat Diduga Tangkap Ikan Pakai Bom di Perairan Pulau Mangata Bombana
Tim gabungan dari Ditpolairud Polda Sulawesi Tenggara mengamankan sebuah kapal, berisi bahan peledak. Foto: Ist.

" Tim Patroli Gabungan mengamankan sebuah kapal, diduga menggunakan bahan peledak di perairan Pulau Mangata, Kecamatan Masaloka Raya, Bombana "

BOMBANA, TELISIK.ID - Tim Patroli Gabungan dari Subditpatroliairud, Subdit Gakkum, dan Kapal Polisi XX-2004 (Bombana) serta RB-XX-18 (Buteng), mengamankan sebuah kapal tanpa nama, diduga menggunakan bahan peledak di perairan Pulau Mangata, Kecamatan Masaloka Raya, Bombana, Selasa (10/6/2024) pagi.

Saat pemeriksaan dilakukan, tidak ditemukan awak atau pemilik kapal tersebut. Pelaku diduga melarikan diri menggunakan kapal lain menuju perkampungan Masaloka Raya.

Berdasarkan keterangan dari saksi yang diamankan dan hasil koordinasi dengan Kepala Desa Masaloka Selatan dan Babinkantibmas Masaloka Raya, personel Gabungan Ditpolairud Polda Sultra berhasil mengidentifikasi terduga pelaku/pemilik kapal tanpa nama tersebut.

Identitas terduga pelaku diketahui bernama LK (48), bekerja sebagai nelayan dan beralamat KTP di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

Baca Juga: Hasil Tangkapan Ikan Nelayan di Kendari Melimpah

"Sekitar pukul 19.00 Wita, terduga pelaku LK menyerahkan diri di Marnit Bombana didampingi oleh Kepala Desa Masaloka Selatan untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.," ungkap Dirpolairud Kombes Pol Faisal Florentinus Napitupulu, melalui Kansubdit Patroli AKBP Wahyu Adi Waluyo, dalam keterangan tertulis yang diterima Telisik.id, Kamis (13/6/2024).

Dalam pengamanan tersebut, barang bukti yang berhasil diamankan antara lain 5 botol bahan peledak (dikemas dalam botol kaca merk Bir Bintang), 1 unit perahu bermesin tanpa nama berwarna kuning, 1 set kompresor, 4 buah kacamata selam, 6 biji pemberat dari bahan timah, 8 buah sumbu ledak/dopis cadangan, 1 gulung obat nyamuk, 1 buah korek api gas, dan 4 kg ikan karang campuran.

Baca Juga: Tangkap Ikan Pakai Bahan Peledak, Nelayan Dibekuk Polisi

Atas perbuatannya, LK diduga melanggar pasal 1 ayat 1 UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951 tentang Bahan Peledak, serta pasal 9 jo 85 jo Undang-Undang Nomor 45 Tahun 2009 tentang Perikanan.

Terduga pelaku beserta barang bukti dan para saksi diamankan dan dilakukan pemeriksaan oleh penyidik Subdit Gakkum di Marnit Bombana. Selanjutnya, pelaku dan barang bukti akan dipindahkan ke Mako Polair untuk penyidikan lebih lanjut. (C-Adv)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga