Seorang Pria di Konawe Ditemukan Tewas Gantung Diri

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Selasa, 18 Juli 2023
0 dilihat
Seorang Pria di Konawe Ditemukan Tewas Gantung Diri
Proses evakuasi korban gantung diri oleh keluarganya di Kabupaten Konawe. Foto: Screenshot video

" Seorang pria ditemukan tewas tergantung dalam kiosnya di Kelurahan Unaasi, Kecamatan Anggaberi Kabupaten Konawe "

KONAWE, TELISIK.ID - Seorang pria ditemukan tewas tergantung dalam kiosnya di Kelurahan Unaasi, Kecamatan Anggaberi Kabupaten Konawe, Selasa (18/7/2023).

Sebelumnya beredar video dalam grup-grup Whatsapp, kerumunan orang di dalam rumah disertai isak tangis.

Dalam video juga memperlihatkan, sejumlah masyarakat mencoba untuk menurunkan korban yang meninggal tergantung serta melepaskan ikatan tali di lehernya.

Kapolsek Unaaha, IPDA Edi Rambulangi saat dikonfirmasi melalui telepon seluler membenarkan kejadian tersebut.

"Benar tadi kami mendapat laporan, dan langsung menuju ke TKP, kami menemukan korban sudah dievakuasi oleh keluarganya," ungkapnya.

Baca Juga: Pesta Miras di Muna Barat Berujung Gantung Diri ke Pohon Rambutan

Sementara itu Kepala SPKT 3, Polres Konawe, Aipda Marwan Husein mengatakan, saat menerima laporan dari masyarakat terkait penemuan seorang pria yang gantung diri di Kelurahan Unaasi, pihaknya bersama tim piket fungsi segera menuju tempat kejadian peristiwa (TKP) untuk melakukan penyelidikan.

"Korban yang ditemukan gantung diri telah diidentifikasi, korban bernama Nasir, umur 48 tahun," ungkapnya.

Aipda Marwan mengungkap, kronologi kejadian berawal saat anak korban yang bernama Dina, berusia 17 tahun, hendak membuka kios pada pukul 07.15 Wita.

"Saat itu, Dina menemukan ayahnya (Nasir) telah menggantung diri dengan seutas tali nilon berwarna biru di dalam rumah, lalu Dina segera keluar rumah dan meminta bantuan kepada tetangga dan keluarga korban," ungkapnya.

Lanjut Aipda Marwan, setelah itu mereka bersama-sama mengangkat korban dari posisi tergantung, memotong tali yang mengikat di leher korban, dan membaringkannya di sebuah springbed/matras.

Aipda Marwan membeberkan berdasarkan informasi yang diperoleh, dari keluarga korban, Nasir mengalami frustasi akibat menderita penyakit batu ginjal menahun.

"Keluarga korban telah menerima kejadian tersebut dengan ikhlas dan tidak akan melaporkan atau menuntut secara hukum," jelasnya.

Dari hasil olah TKP Tim Inavis Polres Konawe telah melakukan pemeriksaan awal di TKP dan menemukan bekas jeratan tali di leher korban, serta adanya sperma dan bercak darah di celana korban.

Baca Juga: Seorang Pemuda Ditemukan Tewas Gantung Diri di Kamar Mandi

"Namun, tidak ditemukan tanda-tanda bekas kekerasan di tubuh korban. Sebagai barang bukti, tim mengamankan tali dan pakaian yang digunakan oleh korban," lanjut Aipda Marwan

Dalam penanganan kasus itu, keluarga korban telah menyatakan penolakan terhadap Visum et Repertum ataupun autopsi terhadap jenazah Nasir.

Jenazah almarhum Nasir akan disemayamkan di rumah korban sebelum rencananya dimakamkan di pemakaman keluarga.

Hingga saat ini, pihak kepolisian masih terus melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk memastikan tidak adanya unsur-unsur tindak pidana dalam peristiwa ini. (B)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga