Sepak Terjang Hamzah Haz Eks Wapres ke-9 Sebelum Tutup Usia, dari Wartawan hingga Dunia Politik

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Rabu, 24 Juli 2024
0 dilihat
Sepak Terjang Hamzah Haz Eks Wapres ke-9 Sebelum Tutup Usia, dari Wartawan hingga Dunia Politik
Mantan Wapres ke-9, Hamzah Haz telah menghembuskan nafas terakhirnya. Foto: Repro ppp.or.id

" Sosok dari Wakil Presiden Indonesia ke-9, Hamzah Haz, meninggal dunia di usia 84 tahun, Rabu (24/7/2024). Ia disemayamkan di kediamannya di Matraman, Jakarta, dan dimakamkan di kawasan Bogor, Jawa Barat "

JAKARTA, TELISIK.ID - Sosok dari Wakil Presiden Indonesia ke-9, Hamzah Haz, meninggal dunia di usia 84 tahun, Rabu (24/7/2024). Ia disemayamkan di kediamannya di Matraman, Jakarta, dan dimakamkan di kawasan Bogor, Jawa Barat.

Di panggung politik, Hamzah Haz sudah tergolong nama besar. Sebab dirinya pernah menjadi ketua umum partai Islam terbesar di Indonesia di masa Orde Baru, yakni Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Wakil Presiden pendamping Presiden Megawati Soekarnoputri pada 2001-2004.

Kendati punya reputasi baik sebagai politisi, Hamzah Haz memulai kariernya di dunia jurnalistik. Setelah tamat SMA di Pontianak, Kalimantan Barat pada 1957, dia lebih memilih berprofesi sebagai wartawan dengan bekerja di koran lokal, Bebas. Diketahui secara spesifik dia bertugas menjadi wartawan investigasi, seperti dilansir dari CNBC Indonesia.

Akan tetapi, kariernya di sana tak lama. Dia harus pindah ke Yogyakarta untuk ikut orang tua. Namun, pada 1965 dia kembali lagi ke Pontianak dan bekerja lagi sebagai wartawan penuh waktu.

Dalam otobiografi berjudul Hamzah Haz: dari Ketapang menuju istana (2004), dia mengungkapkan rasa bangga menjalani profesi sebagai wartawan di saat banyak teman-temannya memilih bekerja di bank.

Baca Juga: Daftar Nama 236 Calon Pimpinan KPK Lolos Seleksi

Baginya, menjadi wartawan bisa lebih dekat dengan semua lapisan masyarakat, sehingga bisa mengetahui permasalahan sebenarnya di lapangan. Kariernya sebagai wartawan muda mencapai puncak saat dirinya di usia 20-an tahun didapuk sebagai Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) cabang Pontianak.

Bersamaan dengan pekerjaannya, Hamzah diketahui juga aktif berorganisasi. Dia menjadi aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan Ketua Presidium Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI) Konsulat Pontianak.

Berkat ini dia sukses terjun ke politik praktis usai terpilih menjadi anggota DPRD Kalimantan Barat mewakili Partai Nadhatul Ulama. Karier Hamzah sebagai politisi terbilang cukup mentereng dan melesat cepat.

Dalam kurun waktu kurang dari 10 tahun, dia sudah terpilih menjadi anggota DPR dapil Kalimantan Barat pada 1971. Dari sini, kariernya terus menanjak hingga menjadi ketua fraksi PPP di DPR dan ketua umum PPP di tahun 1998.

Di masa peralihan dari Orde Baru ke Reformasi, Hamzah Haz jadi salah satu politisi yang disorot dan diperhitungkan. Sebab, dia mengomandoi partai Islam terbesar saat itu. Dia cukup dekat dengan tokoh NU, Abdurrahman Wahid.

Dari kedekatan tersebut, dia dipercaya menjabat sebagai Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat dan Pengentasan Kemiskinan di kabinet Presiden Abdurrahman Wahid. Namun, dia tak lama menjabat menteri. Hanya 22 hari.

Pewartaan menyebut, pengunduran diri disebabkan karena diri dari Kabinet Persatuan karena ingin fokus mengelola PPP, meskipun saat itu banyak kontroversi terkait jabatan dirinya.

Hamzah Haz baru merapat lagi ke lingkar kekuasaan tatkala dicalonkan sebagai kandidatR wakil presiden mendampingi Megawati yang baru naik jabatan dari wakil presiden menjadi presiden.

Di sidang MPR pemilihan wakil presiden, Hamzah harus bersaing dengan nama-nama beken, seperti Akbar Tandjung (Golkar), SBY (ABRI), dan Siswono Yudhohusono.

Saat itu, dia mengaku tak mungkin bisa menang. Namun, takdir berkata lain. Hamzah Haz kemudian didukung fraksi ABRI dan PDIP hingga terpilih menjadi wakil presiden setelah meraih 340 suara.

Baca Juga: Baresan Olot Masyarakat Adat Jawa Barat Sematkan Gelar Sinatria Pinayungan ke Menkumham RI

Sementara saingan terberatnya, Akbar Tandjung, memperoleh 237 suara. Pada 26 Juli 2001, dia akhirnya dilantik menjadi Wakil Presiden ke-9, karier tertingginya yang tak mungkin dibayangkan sebelumnya sebagai wartawan.

Sebagai wakil presiden, Hamzah Haz dikenal tegas dan berprinsip. Dia sering kali menyuarakan kepentingan umat Islam dan berusaha menjaga stabilitas politik di masa transisi yang penuh tantangan. Keberhasilannya dalam mengelola berbagai konflik dan krisis membuatnya dihormati oleh banyak pihak, bersumber dari wikipedia.org.

Hamzah Haz juga dikenal sebagai tokoh yang sederhana dan merakyat. Meskipun berada di puncak kekuasaan, dia tetap menjaga hubungan baik dengan masyarakat dan sering turun ke lapangan untuk mendengarkan langsung aspirasi rakyat. Sikapnya yang rendah hati dan dekat dengan rakyat membuatnya dicintai oleh banyak orang.

Setelah masa jabatannya sebagai wakil pTresiden berakhir, Hamzah Haz tetap aktif dalam dunia politik dan sosial. Dia sering diundang menjadi pembicara dalam berbagai seminar dan diskusi, berbagi pengalaman dan pandangannya tentang perkembangan politik di Indonesia.

Hingga akhir hayatnya, Hamzah Haz tetap menjadi sosok yang dihormati dan dikenang sebagai salah satu tokoh besar dalam sejarah politik Indonesia. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga