Sepeda Listrik Tidak Dibolehkan di Jalan Raya

Hir Abrianto, telisik indonesia
Kamis, 19 Januari 2023
0 dilihat
Sepeda Listrik Tidak Dibolehkan di Jalan Raya
Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bombana, AKP Andi Udin Palesuri mangatakan, penggunaan sepeda listrik memiliki lintasan khusus. Foto: Hir/Telisik

" Kendaraan pribadi berupa sepeda listrik tidak mendapatkan izin melintas di jalan raya "

BOMBANA, TELISIK.ID - Kendaraan pribadi berupa sepeda listrik tidak mendapatkan izin melintas di jalan raya. Larangan ini merupakan upaya menekan angka kecelakan bagi pengguna jalan.

Kasat Lantas Polres Bombana, AKP Andi Udin Palesuri saat ditemui di ruang kerjanya pada Kamis (19/1/2023) mangatakan, penggunaan sepeda listrik memiliki lintasan khusus.

"Pertama yang perlu disadari bersama bahwa sepeda listrik hanya bisa digunakan di sekitar pemukiman saja, perkantoran atau tempat-tempat wisata dan atau di jalur lintasan sepeda. Nah di Bombana belum layak untuk sepeda listrik melewati jalur umum,"  ucap AKP Andi Udin Palesuri.

Selain di jalan umum, penggunaan sepeda listrik  juga tidak dibolehkan untuk anak berumur di bawah 12 tahun. Sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 45 Tahun 2020 bahwa pengguna berusia minimal 12 tahun, menggunakan helm dan batas kecepatan maksimal 25 kilometer per jam.

Baca Juga: Naik Sepeda Listrik di Masjid Al-Alam, Seru dan Murah

Baca Juga: Dewan Jawa Timur Prihatin Pemerintah Hapus BLT untuk UMKM

"Ini juga adalah upaya kita untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan. Jadi nanti kami sosialisasikan pada operasi keselamatan melalui brosur, di lapangan, media sosial hingga di sekolah-sekolah," jelasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Bombana, Ramsi Rafiu juga turut mendukung sosialisasi pelarangan penggunaan sepeda listrik di jalan umum.

"Ya, sepekat untuk diadakan sosialisasi pelarangan karena sepeda listrik juga harus ada rute atau jalaur khususnya kecuali di lorang-lorong pemukiman. Jadi Ini juga sebagai upaya lindungi anak-anak agar terhindar dari kecelakaan lalu lintas, apalagi sekarang sudah banyak sepeda listrik," pungkasnya. (B)

Penulis: Hir Abrianto

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga