Seragam SMA dan SMK Dijual Mahal, Pemprov Jawa Timur Siap Sanksi ASN Dinas Pendidikan

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Senin, 24 Juli 2023
0 dilihat
Seragam SMA dan SMK Dijual Mahal, Pemprov Jawa Timur Siap Sanksi ASN Dinas Pendidikan
Sekdaprov Jawa Timur, Adhy Karyono memastikan akan beri sanksi oknum Dinas Pendidikan yang memainkan harga seragam SMA dan SMKN di Jawa Timur. Foto: Ist.

" Polemik mahalnya seragam sekolah SMA dan SMK di Jawa Timur yang menjadi sorotan publik, membuat pihak pemprov kebakaran jenggot. Sekdaprov Jawa Timur mulai angkat bicara terkait masalah seragam SMA dan SMK tersebut "

SURABAYA, TELISIK.ID - Polemik mahalnya seragam sekolah SMA dan SMK di Jawa Timur yang menjadi sorotan publik, membuat pihak pemprov kebakaran jenggot. Sekdaprov Jawa Timur mulai angkat bicara terkait masalah seragam SMA dan SMK tersebut.

Sekdaprov Jawa Timur, Adhy Karyono memastikan, pemprov bakal melakukan investigasi di lapangan atas laporan mengenai keluhan jual beli seragam di SMA negeri. Pemprov mengancam jika ada keterlibatan oknum dinas maka dikenakan sanksi.

"Ini akan kita cek di lapangan dari laporan, apakah ada keterlibatan dari Dinas Pendidikan, cabang dinas," kata Adhy Karyono saat ditemui di Surabaya, Senin (24/7/2023).

Baca Juga: Seragam Gratis Buat Pelajar SMAN 1 Kontunaga Muna

Adhy memastikan, pemprov sudah menyampaikan sikap tegas. Tidak ada penekanan bagi siswa baru untuk membeli seragam khusus kepada pihak sekolah. Maupun, karena anjuran dari pihak Dinas Pendidikan.

Menurut Adhy, pemprov memahami latar belakang ekonomi orang tua siswa yang beragam. Bahkan, bisa jadi lebih banyak yang tidak mampu. Sehingga, Pemprov Jawa Timur pun berjanji bakal terus melakukan investigasi.

"Ketika nanti ada investigasi, kemudian ada oknum dari aparat kita yang terlibat, kita akan ambil tindakan. Sekali lagi tidak ada kebijakan, imbauan untuk siswa baru membeli seragam kepada sekolah," tandasnya.

Terpisah, anggota Komisi E DPRD Jawa Timur, Mathur Husairi mempertanyakan mengapa ada bisnis kain seragam di sekolah dengan dalih koperasi siswa. Politisi PBB ini mengaku, sangat khawatir pada orang tua siswa dengan kemampuan ekonomi terbatas.

Baca Juga: Harga Baju Seragam Siswa SMPN 9 Kendari Beli Sendiri untuk Cegah Pungli

"Hal tersebut bisa menjadi beban mereka, apalagi dengan harga melangit," ujar pria asal Bangkalan Madura ini.

Para orang tua murid SMA Negeri 1 Tulungagung mengeluhkan daftar rincian harga seragam sekolah yang dinilai mahal.

Total harga tersebut 10 stel seragam, yakni 1 setel kain seragam abu-abu putih Rp 359.400, 1 setel kain seragam pramuka Rp 315.850, 1 setel kain seragam batik Rp 383.200, 1 setel kain seragam khas Rp 440.550, jas almamater Rp 185.000, kaus olahraga Rp 130.000, ikat pinggang Rp 36.000, tas sekolah Rp 210.000, atribut Rp 140.000, dan jilbab Rp 160.000. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga