Serah Terima Ketua KPU, La Ode Abdul Natsir Pesan Jaga Soliditas Lembaga

Erni Yanti, telisik indonesia
Senin, 05 Juni 2023
0 dilihat
Serah Terima Ketua KPU, La Ode Abdul Natsir Pesan Jaga Soliditas Lembaga
Penandatanganan serah terima jabatan Ketua KPU Sulawesi Tenggara periode 2018-2023 kepada ketua periode 2023-2028. Foto: Erni Yanti/Telisik

" La Ode Abdul Natsir berpesan agar komisioner bekerja secara kolektif dalam artian memutuskan secara bersama-sama "

KENDARI, TELISIK.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tenggara periode 2018-2023 melaksanakan serah terima jabatan kepada komisioner periode 2023-2028 di Hotel Swissbell, Minggu (4/6/2023) malam.

Sertijab diawali dengan penandatanganan serah terima jabatan, penandatangan berita acara, dan penyerahan buku memori dari pimpinan dan anggota KPU periode 2018-2023.

Kelima anggota KPU periode 2023-2028 menandatangani berita acara, dimulai dari Amirudin, Asril, Hazamuddin, Muhammad Mu’min Fahimuddin, dan Suprihaty Prawaty Nengtias.

Eks Ketua KPU Sulawesi Tenggara La Ode Abdul Natsir mengatakan, kegiatan serah terima jabatan ini dijadikan sebagai tolak ukur memulai untuk melanjutkan jabatan periode 2023-2028.

"Momen serah terima jabatan ini bukan hanya seremoni, namun di sanalah kami mengakhiri dan teman-teman akan menjadi titik nol kilometernya," ucapnya.

Baca Juga: Digitalisasi Pemilu 2024 Jamin Pemilihan Umum Lebih Transparan

Natsir juga menyampaikan pesan untuk Komisioner KPU periode 2023-2028 bahwa perlunya solidaritas secara kelembagaan dalam memutuskan segala hal, termasuk masalah internal ketika tahapan pemilu semakin dekat, maka akan sering berdinamika.

"KPU bekerja secara kolektif dalam artian memutuskan secara bersama-sama dan kolegial membangun persaudaraan," ujarnya.

Ketua KPU Sulawesi Tenggara periode 2023-2028, Asril mengungkapkan bahwa langkah saat ini fokus pada PKPU Nomor 3 Tahun 2022 terkait penyelenggaraan pemilu.

"Tahapan ini berjalan terus berdasarkan PKPU tahun 2022, salah satunya telah menyelesaikan verifikasi dan pendaftaran partai politik dan pendapilan," tambahnya.

Selain itu, Komisioner KPU 2023-2028 saat ini tengah berkoordinasi dengan pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota terkait kesiapan anggaran dalam hal persiapan Pilkada 2024.

"Sesegera mungkin berkoordinasi dengan pemerintah provinsi untuk melaksnakan rapat koordinasi antara pemerintah provinsi dan kabupaten/kota membahas terkait kesiapan anggaran Pilkada 2024," ucapnya.

Baca Juga: Hari Terakhir, Baru 10 Partai Politik Daftarkan Bacaleg di KPU Kolaka Utara

Sekretaris Daerah (Sekda) Asrun Lio juga memberikan pesan pada momen serah terima jabatan ini terkait kinerja KPU sebagai mitra pemerintah dalam hal melayani.

"Kerja-kerja KPU bermitra dengan pemerintah. Sehingga sesuai perintah UU, pemerintah harus menyediakan anggaran penyelenggaraan pilkada maupun pemilu," tutupnya.

Kegiatan sertijab ini selain dihadiri Sekretaris Daerah Asrun Lio, Forkopimda, juga tampak beberapa alumni KPU Provinsi Sulawesi Tenggara. (A)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga