Serap 95 Persen Tenaga Kerja Lokal, Pemkab Konawe Tinjau Pabrik Kelapa Sawit

Muhamad Surya Putra, telisik indonesia
Rabu, 10 Maret 2021
0 dilihat
Serap 95 Persen Tenaga Kerja Lokal, Pemkab Konawe Tinjau Pabrik Kelapa Sawit
Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara saat mengecek biji sawit di pabrik kelapa sawit PT TPM. Foto: Muh. Surya Putra/Telisik

" TPM saat ini telah mengelola lahan seluas 6000 HA, maka ia berharap kedepan pengelolaan lahan dapat bertambah di angka 10.000 HA. "

KONAWE, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe melakukan kunjungan kerja ke PT Tani Prima Makmur (TPM) yang berlokasi di Desa Lerehoma Kecamatan Anggaberi, Konawe, Rabu (10/3/2021).

Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara mengatakan, dalam kunjungan kali ini dalam rangka untuk melihat kondisi perkebunan, pabrik, dan serapan tenaga kerja lokal di Konawe.

"Sudah 2500 tenaga kerja yang terserap di perusahaan ini, dan 95 persen warga asli Konawe," ungkapnya.

Ia menyebut perusahaan kelapa sawit ini telah berkontribusi untuk Konawe. Penyerapan tenaga kerja ini berdampak pada 10.000 jiwa di Kabupaten Konawe.

Menurutnya, perusahaan sawit ini telah berperan dalam pembangunan daerah dengan merekrut tenaga kerja lokal. Olehnya itu, pihaknya mengapresiasi hadirnya perusahaan kelapa sawit yang hadir tahun 2008 lalu di Konawe.

Baca Juga: Satu Kapal Tongkang Keluar Teluk Usai Disoal, Ini Kata KSOP Kendari

TPM saat ini telah mengelola lahan seluas 6000 HA, maka ia berharap kedepan pengelolaan lahan dapat bertambah di angka 10.000 HA.

"Harapan pemerintah daerah kedepan luasan dari 6.000 ini bisa ditingkatkan menjadi 10.000," ujarnya.

Sehingga dari yang tadinya berdampak pada 10.000 jiwa bertambah menjadi 20.000 jiwa masyarakat Kabupaten Konawe.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe kini sedang merancang regulasi baru terkait investasi. Nantinya, regulasi ini akan mengatur terkait CSR perusahaan.

Dimana kata Gusli Topan Sabara, dari 100 persen dana hibah perusahaan akan disisihkan minimal 20 persen untuk dikembalikan pada kawasan yang terdampak.

"Pendidikannya, kesehatannya, ekonomi, semua sektor," singkatnya.

Baca Juga: Solid di Bawah AHY, Demokrat Jatim Unjuk Diri di Kanwil Kemenkumham

Sebelumnya, Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa mengatakan, pihaknya memastikan bakal mendukung penuh investasi yang masuk di Konawe.

"Bahkan dalam pengurusan ijin investasi, kita juga memberikan ruang kepada investor," katanya.

Dengan begitu, pihaknya selalu memberikan ruang untuk investasi dalam rangka mendukung visi misi Presiden Joko Widodo. Dukungan investasi itu tidak terlepas dari keinginan Pemkab yang ingin menjadikan Kabupaten Konawe surga investasi. (B)

Reporter: Muh. Surya Putra

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga