Sering Dikira Sama, Intip Perbedaan Bunga Sakura, Plum dan Persik

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 31 Oktober 2022
0 dilihat
Sering Dikira Sama, Intip Perbedaan Bunga Sakura, Plum dan Persik
Bunga sakura, plum dan persik memiliki perbedaan jika dilihat lebih teliti, baik dari waktu mekar hingga kelopak bunga. Foto: Repro Kiprispdr.org

" Terdapat beberapa bunga yang memiliki rupa mirip sekali dengan bunga sakura. Bunga tersebut adalah bunga plum dan bunga persik "

KENDARI, TELISIK.ID - Ketika berwisata ke Jepang, salah satu tujuan turis adalah ingin melihat bunga sakura. Rasanya kurang, jika mengunjungi Jepang namun tak mengabadikan momen dengan bunga cantik yang satu ini.

Tapi tak semua yang ada di Jepang adalah bunga sakura. Bahkan terdapat beberapa bunga yang memiliki rupa mirip sekali dengan bunga sakura. Bunga tersebut adalah bunga plum dan bunga persik.

Berikut beberapa perbedaan antara bunga sakura, plum dan persik yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Bunga sakura

Dikutip dari melydaily.com, genus adalah salah satu tingkatan dalam klasifikasi ilmiah setelah subfamili. Bunga sakura berasal dari tanaman genus Prunus subgenus Ceracus spesies Prunus serrulata dan beberapa spesies lainnya. Dalam klasifikasi umum versi Jepang, bunga sakura ini terdiri dari sekitar 100 spesies dan beragam kultivar.

Melansir Utakatikotak.com, bunga sakura mekar pada musim semi yaitu awal April sampai akhir Mei. Bunga sakura mempunyai kelopak yang panjang dan belahan kecil di ujung kelopaknya. Beberapa kuntum bunga bisa muncul sekaligus di dalam satu tangkai sehingga menyerupai buket. Saking banyaknya jumlah bunga yang tumbuh bahkan seluruh ranting pohon sakura bisa diselimuti oleh bunga yang berwarna pink.

2. Bunga plum

Baca Juga: Tragedi Halloween di Itaewon: Apa Beda Henti Jantung dan Serangan Jantung?

Bunga plum berasal dari tanaman genus prunus subgenus armeniaca. Dalam bahasa Jepang, bunga plum disebut ume. Bunga plum akan mekar pada bulan Januari, ia mekar terlebih dahulu dibanding bunga sakura.

Periode mekarnya dari Januari hingga Maret. Tapi di Austria biasanya sekitar Maret, jarang ada yang mekar di Januari. Selain pink, bunga ini juga ada yang berwarna pink muda, pink hitam, ungu kemerahan dan putih. Tapi kebanyakan bunga plum berwarna putih seperti di Austria, kemunculan bunga plum merupakan pertanda musim semi akan tiba.

Kelopak bunga yang berada di depan berbentuk bulat yang merupakan ciri khas bunga plum. Bunga plum tumbuh di atas ranting. Kelopak bunganya berbentuk membulat. Setiap ranting tanaman hanya mampu menumbuhkan satu bunga plum saja.

3. Bunga persik

Bunga persik berasal dari tanaman genus prunus subgenus amygdalus dan jenis prunus persica. Bunga persik akan mekar sekitar akhir Februari hingga awal Maret. Kelopak bunganya berbentuk lancip. Bunga persik tumbuh di setiap ketiak daun atau di atas ranting yang pendek. Bunganya mekar sepanjang cabang pohon.

Dibandingkan dengan warna bunga sakura dan bunga plum, warna bunga persik ini lebih terang. Di Jepang terdapat festival bunga persik (momo no sekku) yang diperingati bersamaan dengan festival boneka (hinamatsuri).

Baca Juga: Bukan Cuma Sempit dan Menanjak, Penyebab Gang di Itaewon Bisa Picu Kematian 150 Orang Terungkap

Perbedaan mencolok ketiga bunga ini adalah:

- Waktu mekar ketiga bunga ini berbeda. Bunga plum mekar pada Januari. Bunga persik mekar sekitar akhir Februari sampai awal Maret. Sedangkan bunga sakura akan mekar pada awal April hingga akhir Mei.

- Bunga persik tumbuh di setiap ketiak daun. Sedangkan bunga plum dan bunga sakura tumbuh di ujung ranting. Namun bedanya adalah setiap ranting pohon plum hanya bisa menumbuhkan satu bunga saja. Berbeda dengan ranting pohon sakura yang mampu menumbuhkan beberapa bunga sekaligus.

- Kelopak bunga plum berbentuk bulat di ujungnya, sebaliknya kelopak bunga persik berbentuk lancip di bagian ujung. Sedangkan bunga sakura mempunyai belahan kecil di bagian ujung kelopaknya. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga