Sering Insomnia? Coba 5 Cara Ini untuk Menghindarinya

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 19 Maret 2022
0 dilihat
Sering Insomnia? Coba 5 Cara Ini untuk Menghindarinya
Ilustrasi seseorang dilanda insomnia. Foto: Repro hellosehat.com

" Bagi penderita insomnia, tidur yang nyenyak merupakan sesuatu yang berharga dan istimewa "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu kondisi yang seringkali dialami seseorang adalah susah tidur malam atau yang biasa disebut dengan insomnia.

Mengutip halodoc.com, insomnia adalah kondisi ketika seseorang mengalami kesulitan tidur. Gangguan tidur ini membuat seseorang tak memiliki waktu tidur yang dibutuhkan tubuh.

Akibat dari keseringan insomnia, biasanya membuat kita lemas dan tidak bisa bekerja secara maksimal keesokan harinya. Sebab, tubuh terasa kekurangan tidur atau istirahat.

Insomnia memang kerap mengganggu sebagian orang. Bagi penderita insomnia, tidur yang nyenyak merupakan sesuatu yang berharga dan istimewa. Tak jarang, mereka telah mencoba berbagai cara untuk mengatasi masalah ini, tetapi belum mendapat hasil yang memuaskan.

Melansir yoursay.id, berikut 5 tips untuk penderita insomnia yang dirangkum dari honestdocs dan alodokter:

1. Tidak Tidur di Tempat Berisik

Rasa nyaman akan membuat Anda lebih cepat tertidur dan terbebas dari insomnia. Tidurlah di tempat yang tidak berisik. Sehingga Anda akan lebih rileks dan merasa tenang.

2. Kurangi Mengkonsumsi Kafein

Baca Juga: Alami Darah Tinggi? Ini 7 Minuman yang Baik Dikonsumsi

Penderita insomnia tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi kafein di malam hari. hal ini karena kafein dapat menimbulkan kecemasan dan mengurangi kualitas tidur Anda. Kontrol jumlah kafein yang masuk ke tubuh Anda dengan maksimal mengonsumsi 2 cangkir kafein per hari.

3. Usahakan untuk Terus Berpikir Positif

Insomnia lebih mudah dialami oleh orang yang sering cemas atau khawatir berlebihan. Cobalah untuk selalu berpikir positif agar pikiran bisa lebih tenang. Meditasi bisa dicoba untuk mengatasi hal ini.

Anda bisa berkonsultasi ke psikolog atau psikiater jika merasa kesulitan. Salah satu metode psikoterapi yang banyak dilakukan untuk mengatasi insomnia adalah terapi perilaku kognitif.

4. Susu Hangat Sebelum Tidur

Orang-orang terdahulu mengkonsumsi susu hangat sebelum tidur untuk mengatasi insomnia. Susu yang dicampur madu atau kacang-kacangan dapat membantu mengobati penderita insomnia.

Hal ini karena madu dikenal memiliki efek sedatif sama seperti gula, tapi tidak berbahaya bagi penderita diabetes. Selai yang ditambahkan ke susu hangat akan membantu seseorang untuk tidur nyenyak.

Baca Juga: Simak Cara Mudah Perawatan untuk Kulit Kering

Selain itu, ini juga bisa menghindari penggunaan obat tidur atau obat kimia lainnya.

5. Ciptakan Kamar Tidur yang Nyaman

Banyak orang merasa susah tidur karena aktivitas lain yang sedang dikerjakannya, seperti: bekerja, bermain game, atau melakukan berbagai aktivitas lain di kamar tidurnya. Padahal, kamar tidur idealnya hanya digunakan untuk tidur.

Oleh karena itu, Anda perlu menerapkan sleep hygiene agar bisa tidur lebih mudah. Menempatkan meja belajar, komputer, dan televisi di luar kamar tidur, serta mengatur suhu dan menyesuaikan pencahayaan bisa diterapkan untuk menciptakan kenyamanan saat tidur.

Pilihlah bantal yang tidak terlalu tinggi agar tidak menyebabkan leher kaku saat bangun tidur. Tidur menyamping bisa dilakukan jika Anda sedang hamil atau mengalami sakit punggung. Taruhlah bantal di antara kedua kaki atau di bawah lutut. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga