Sering Memakan Korban, Pj Bupati Muna Barat Segera Turun Tinjau Perbaikan Jembatan

Putri Wulandari, telisik indonesia
Minggu, 14 April 2024
0 dilihat
Sering Memakan Korban, Pj Bupati Muna Barat Segera Turun Tinjau Perbaikan Jembatan
Proses pencarian korban yang tewas terjatuh di jembatan penghubung antar dua desa. Foto: Ist.

" Jembatan penghubung antar dua desa yakni Desa Nihi dan Desa Maperaha banyak memakan korban. Hal ini menimbulkan reaksi warga setempat, sehingga Pj Bupati Muna Barat akan segera memperbaiki jembatan tersebut "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Jembatan penghubung antar dua desa yakni Desa Nihi dan Desa Maperaha banyak memakan korban. Hal ini menimbulkan reaksi warga setempat, sehingga Pj Bupati Muna Barat akan segera memperbaiki jembatan tersebut.

Sebelumnya, Kepala Desa Nihi, Samsul mengatakan, kecelakaan di jembatan tersebut telah memakan banyak korban, terhitung ada empat orang yang telah menjadi korban, salah satu warganya bernama Maulid yang tewas akibat terjatuh di jembatan tersebut saat mengendarai motor.

Untuk itu, Pemuda Desa Maperaha mengimbau kepada seluruh masyarakat yang melintasi jembatan penghubung antara Desa Nihi dan Desa Maperaha, Kecamatan Sawerigadi, Muna Barat agar tetap berhati-hati dan mawas diri.

Salah seorang pemuda desa setempat, Rasmin Jaya mengaku banyaknya korban jiwa dan kecelakaan yang sering terjadi harus menjadi perhatian pemerintah setempat.

Baca Juga: Pemuda Muna Barat Tewas Terjatuh dari Jembatan Ternyata Tulang Punggung Keluarga

Kata dia, pemerintah seharusnya cepat mengambil langkah-langkah untuk mengantisipasi dan meminimalisir agar tidak terjadi kejadian yang serupa, misalnya kejadian Sabtu 13 April 2024 yaitu salah satu pemuda warga Desa Nihi, Maulid terjatuh dan terbawah arus sungai hingga 6 jam pencarian dari jam 02.00 sampai 08.00 Wita, korban baru ditemukan oleh keluarga dan warga desa.

Tak hanya itu, beberapa kejadian lalu juga salah satu pengendara motor sampai terjatuh di bawah jembatan. Sehingga masalah demikian harus menjadi perhatian serius oleh pemerintah setempat, begitupun masyarakat tak bisa mengabaikan keselamatan ketika berkendara di siang ataupun di malam hari.

"Untuk itu, pemerintah harus membangun pagar penghalang di sekitar jembatan tersebut, apalagi kondisinya cukup gelap ketika di malam hari," ujarnya, Minggu (14/4/2024).

Ia juga mengingatkan agar pemerintah tidak mengabaikan keselamatan warganya, apalagi pengguna roda dua maupun roda empat, harus tetap berhati-hati.

Lebih lanjut, ia menyampaikan, agar jembatan dua jalur penghubung antar desa tersebut juga segera difungsikan, sebab apa gunanya memiliki sarana dan infrastruktur dasar untuk kelancaran aktivitas masyarakat jika tidak difungsikan dengan baik.

Sebelumnya, Kepala Desa Nihi, Samsul berinisiatif akan membangun pagar penghalang jembatan tersebut.

Baca Juga: Danau Napabale di Muna Jadi Sasaran Warga Saat Liburan Lebaran

Namun, ia akan komunikasi dan berkoordinasi dengan kepala desa Maperaha, serta ia berharap didukung oleh BPBD Muna Barat dan pihak kepolisian.  

Untuk itu, dirinya mengimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya warga Desa Nihi untuk berhati-hati berkendara baik motor maupun mobil dijembatan tersebut.

Menanggapi hal itu, Pj Bupati Muna Barat, La Ode Butolo akan segera meninjau langsung jembatan penghubung tersebut, yang nantinya Pemda akan menganggarkan untuk pembangunan penghalang di jembatan tersebut.

"Nanti ditinjau, terus dianggarkan di APBD perubahan," pungkasnya. (A)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga