adplus-dvertising

Sering Mengantuk Setelah Makan? Kenali 4 Penyebabnya

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 28 September 2021
793 dilihat
Sering Mengantuk Setelah Makan? Kenali 4 Penyebabnya
Ilustrasi karyawan mengantuk di siang hari usai makan. Foto: Repro triasse.com

" Mengantuk setelah makan sebenarnya adalah kondisi yang wajar. Dikutip dari yoursay.id kondisi itu disebabkan oleh bentuk respon tubuh terhadap perubahan kimia yang disebabkan oleh sistem pencernaan "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu kebiasaan negatif yang sering dirasakan setelah makan adalah terserang kantuk.

Melansir Suara.com - jaringan Telisik.id, kondisi terserang kantuk setelah makan mungkin sering dialami banyak orang. Namun, bila kondisi itu menyerang saat bekerja tentunya akan sangat mengganggu aktivitas.

Mengantuk setelah makan sebenarnya adalah kondisi yang wajar. Dikutip dari yoursay.id kondisi itu disebabkan oleh bentuk respon tubuh terhadap perubahan kimia yang disebabkan oleh sistem pencernaan.


Mengutip hellosehat, bukan karena kekenyangan, ini 4 penyebab sering mengantuk setelah makan:

1. Pola pencernaan dan hormon pada otak

Untuk dapat menjalankan fungsi organ, tubuh membutuhkan energi. Energi didapatkan dari berbagai makanan yang kita konsumsi.

Pada saat setelah makan, tubuh akan memecah zat gizi yang didapatkan dari makanan menjadi glukosa yang kemudian digunakan untuk menjadi energi.

Tubuh akan melepaskan beberapa hormon seperti hormon amilin, glukagon, dan kolesistokinin untuk meningkatkan kadar gula darah, memberikan perasan kenyang dan memproduksi insulin yang dialirkan ke dalam sel untuk menyediakan energi.

Selain itu, otak juga melepaskan hormon serotonon yan menyebabkan rasa kantuk. Makanan yang dikonsumsi juga mempengaruhi produksi melatonin di otak. Kedua hormon inilah yang berperan menyebabkan rasa kantuk setelah makan.

2. Jenis makanan yang dikonsumsi

Beberapa makanan juga ternyata bisa menyebabkan rasa kantuk yang berlebihan seperti daging ayam, ikan, telur, bayam, dan makanan yang mengandung tinddi protein lainnya.

Makanan tinggi protein tersebut memiliki asam amino triptofan. Asam amino ini akan digunakan oleh tubuh untuk memproduksi serotoninn yang bertanggung jawab terhadap rasa kantuk.

Baca Juga: Waspada, Ini Penyebab Banyak Negara Diamuk Gelombang Ketiga COVID-19

Baca Juga: Jangan Sepelekan, Ini 4 Manfaat Menyikat Gigi Sebelum Tidur

3. Kebiasaan tidur

Setelah makan, tubuh biasanya merasa kenyang dan rileks sehingga muncul perasaan mengantuk. Apalagi malam sebelumnya Anda tidak mendapatkan tidur yang cukup.

Untuk mengatasi hal ini jangan tidur siang, perbaiki pola tidur dengan cara tidur lebih cepat dimalam hari.

4. Kondisi kesehatan

Rasa kantuk yang menyerang Anda sesaat setelah makan juga bisa menandakan suatu penyakit tertentu. Jika sering merasa mengantuk setelah makan bisa jadi Anda menderita penyakit seperti penyakit celiac, anemia, intoleransi makanan, sleep aapnea dan kondisi tiroid yuang kurang aktif.

Kantuk setelah makan juga menandakan Anda kekurangan zat gizi dan memnyebabkan tubuh tidak memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas sehingga Anda sering merasa mengantuk. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga