Sering Terjadi Banjir di Kawasan Perumahan Puuwatu Kota Kendari, Dinas Perumahan Bakal Tinjau

Erni Yanti, telisik indonesia
Senin, 20 Mei 2024
0 dilihat
Sering Terjadi Banjir di Kawasan Perumahan Puuwatu Kota Kendari, Dinas Perumahan Bakal Tinjau
Kepala Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan Kota Kendari, Agus Salim. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Sering terjadi banjir di Kawasan Perumahan Puuwatu Kota Kendari, Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan Kota Kendari memberi respon bakal melakukan tinjauan "

KENDARI, TELISIK.ID - Sering terjadi banjir di Kawasan Perumahan Puuwatu Kota Kendari, Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan Kota Kendari memberi respon bakal melakukan tinjauan.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Kendari, Agus Salim menyampaikan, dalam waktu dekat ini melakukan koordinasi terkait dengan bagaimana pengendalian pembangunan perumahan tersebut.

Dimana pihaknya akan mengecek pemanfaatan perumahan di Kecamatan Puuwatu, apabila pembangunan itu yang menyebabkan sering terjadinya banjir dalam artian masuk pada Ruang Terbuka Hijau RTH diberi sanksi.

Baca Juga: Bergantung Cuaca, Pendapatan Nelayan di Kendari Tidak Stabil

"Sering terjadi banjir, itu masalah dari sisi lingkungan, kalau memang betul-betul tidak memenuhi syarat ketentuan apa boleh buat kita beri sanksi dari pada dampak lingkungan lebih besar," kata Agus Salim, Senin (20/5/2024).

Kepala Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan Kota Kendari, bersama Dinas Lingkungan Hidup. Foto: Erni Yanti/Telisik

 

Agus menambahkan, meski perumahan tersebut terdapat investasi yang ditanamkan namun harus memperhatikan lingkungan.

"Yang jelas perumahan itu harus siapkan tempat sampah, pengelolaan harus bagus, kita butuh kesadaran dari masyarakat dalam pengelolaan lingkungan," kata Agus Salim.

Dinas Lingkungan Hidup Kota Kendari, BPBD, Dinas PU, Dinas Perumahan, Kelurahan, Kecamatan, serta warga setempat, melakukan aksi bersih-bersih. Foto: Erni Yanti/Telisik

 

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Kendari, Erlis Satya kencana menjelaskan, terkait perumahan di Kecamatan Puuwatu Kota Kendari secara tata ruang sudah berada di lokasi kawasan perumahan, pola ruangnya sudah sesuai.

Namun untuk pengolaan sarana dan prasarananya akan terus dibenahi dan diselesaikan permasalahannya secara bersama-sama untuk lingkungan yang bersih.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Kendari. Foto: Erni Yanti/Telisik

 

Pemerintah Kota Kendari sedang berupaya untuk mengatasi masalah banjir di Kawasan Perumahan Puuwatu. Namun, peran serta masyarakat juga sangat penting untuk menjaga kebersihan lingkungan dan mencegah terjadinya banjir.

Baca Juga: Pasar Tradisional di Kendari Ini Sudah Sebulan Sepi Pembeli

"Dengan kerjasama dan gotong royong dari semua pihak, diharapkan masalah banjir di Perumahan Puuwatu dapat segera diatasi dan lingkungan menjadi lebih bersih dan sehat," kata Erlis.

Karena tanpa partisipasi aktif dari masyarakat, upaya-upaya tersebut mungkin tidak akan optimal. Dengan kerjasama antara pemerintah dan masyarakat, diharapkan masalah banjir di Kawasan Perumahan Puuwatu dapat segera diatasi.

"Imbauan, kita sama-sama menyadari bahwa keberlangsungan lingkungan kita itu campur tangan kita semua, tidak membuang sampah sembarang tempat, tidak menimbun selokan maka lingkungan kita akan terhindar dari banjir," kata Erlis. (B-Adv)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga