Serupa Tapi Taks Sama, Ini Perbedaan Mentega dan Margarin

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 19 September 2023
0 dilihat
Serupa Tapi Taks Sama, Ini Perbedaan Mentega dan Margarin
Serupa tapi tak sama, margarin dan mentega memilki perbedaan yang cukup signifikan. Foto: Ekonomipos.com

" Sekilas mentega dan margarin mirip namun ternyata keduanya berbeda. Keduanya terbuat dari bahan pangan yang berbeda "

KENDARI, TELISIK.ID - Sekilas mentega dan margarin mirip namun ternyata keduanya berbeda. Keduanya terbuat dari bahan pangan yang berbeda.

Margarin terbuat dari lemak nabati atau tumbuhan, sedangkan mentega berasal dari lemak hewani. Mentega berasal dari campuran susu, lemak dan air yang diolah dari krim susu.

Krim susu diperoleh dari susu yang sudah didiamkan selama rentang waktu tertentu sampai terdapat lapisan mengambang di permukaan susu.

Pengadukan krim susu membuat molekul lemak berkumpul satu sama lain dan membentuk padatan. Kandungan nutrisi yang beragam dalam mentega ini ada karena sumber lemak mentega adalah hewan seperti dilansir dari Kompas.com.

Sedangkan margarin adalah produk yang dirancang untuk meniru butter. Bedanya ia menggunakan minyak nabati alih-alih menggunakan sumber hewani. Margarin adalah produk non-susu yang dibuat sebagai pengganti butter. Biasanya margarin terbuat dari 80 persen minyak sayur dan air dan dibumbui dengan rasa seperti butter.

Baca Juga: Fakta Unik Semut Panda Bisa Bunuh Seekor Sapi

Berikut perbedaan kandungan lemak mentega dan margarin di antaranya:

1. Rasa

Dilansir dari Liputan6.com, Butter memiliki rasa yang lebih kaya dan lebih creamy daripada margarin. Butter yang sangat segar mungkin terasa seperti susu hewan asalnya. Margarin mungkin memiliki rasa yang lebih ringan, atau rasanya seperti perasa buatan yang digunakan untuk membuatnya.

2. Hasil olahan

Perbedaan butter dan margarin selanjutnya adalah hasil olahannya. Karena kandungan airnya yang tinggi, makanan yang dipanggang dengan margarin biasanya memiliki tekstur yang lebih lembut. Sementara hasil dari butter akan memberi rasa yang kuat. Butter sangat ideal untuk camilan seperti kue dan frosting. Jenis makanan ini adalah resep di mana rasanya penting, dan air ekstra bisa merugikan.

3. Konsistensi

Butter biasanya berwarna kuning pucat, tetapi bisa juga berwarna kuning tua. Sementara margarin biasanya memiliki warna kuning yang agak pekat. Ini membuat margarin terlihat lebih menggoda tampilannya. Warna margarin yang mencolok biasanya karena margarin mengandung pewarna makanan alami untuk membuatnya meniru butter.

Baca Juga: Fakta Unik Kelelawar Putih, Hewan Mungil Bermuka Babi

4. Aroma

Perbedaan butter dan margarin bisa ditemukan dalam aromanya. Butter memiliki aroma yang lebih kuat dan harum dari margarin. Sementara margarin memiliki aroma yang lebih ringan. Ini membuat butter lebih baik digunakan untuk menjadi bahan pembuat kue, karena aromanya akan semakin menggugah selera.

5. Kandungan lemak

Baik butter dan margarin relatif tinggi lemak, tetapi mengandung berbagai jenis asam lemak. Lemak dalam butter adalah 62 persen lemak jenuh, 29 persen lemak tak jenuh tunggal, dan 4 persen lemak tak jenuh ganda. Lemak margarin terdiri dari 19 persenlemak jenuh, 59 persen lemak tak jenuh tunggal, dan 18 persen lemak tak jenuh ganda. Beberapa margarin juga mengandung asam lemak omega-3 tambahan. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga