Setahun Kepemimpinan Muh Yusup Toreh Banyak Prestasi di Buton Tengah

Mutarfin, telisik indonesia
Rabu, 31 Mei 2023
0 dilihat
Setahun Kepemimpinan Muh Yusup Toreh Banyak Prestasi di Buton Tengah
Acara serah trima Pj Bupati Buton Tengah periode 2022-2023 kepada Pj Bupati Buton Tengah periode 2023-2024. Foto: Mutarfin/Telisik

" Setahun masa kepemimpinan Penjabat (Pj) Bupati Buton Tengah, Muh Yusup periode 2022-2023, banyak prestasi yang telah ditorehkan. Hal itu dipaparkan langsung oleh Ketua DPRD setempat dalam kegiatan serah terima jabatan Pj bupati lama kepada Pj bupati baru "

BUTON TENGAH, TELISIK.ID - Setahun masa kepemimpinan Penjabat (Pj) Bupati Buton Tengah, Muh Yusup periode 2022-2023, banyak prestasi yang telah ditorehkan. Hal itu dipaparkan langsung oleh Ketua DPRD setempat dalam kegiatan serah terima jabatan Pj bupati lama kepada Pj bupati baru.

Ketua DPRD Buton Tengah, Bobi Ertanto menyatakan, banyak prestasi yang telah tercatat di masa kepemimpinan Muh Yusup, diantaranya suksesnya festival budaya kande-kandea yang juga sudah masuk kalender nasional, tidak lain adalah tindak lanjut yang dilakukan Samahudin dan ditindak lanjuti oleh Muhammad Yusup yang sangat meriah dilaksanakan Sangia Wambulu.

"Selain itu juga yang menjadi apresiasi kita kepada saudara Pj Bupati Muhammad Yusup adalah terbangunnya kantor DPRD dan jalan poros dari Wamengkoli sampai Waburense Insya Allah tahun ini akan teraspal semua," ungkapnya, Rabu (31/5/2023).

Baca Juga: Pantai Labobo Buton Tengah, Surga Tersembunyi dengan Pasir Putih Berkilau

Ia menambahkan, pihaknya memberikan apresiasi yang cukup besar kepada Muhammad Yusup, dan apa yang ditorehkan oleh pejabat yang lama tentu DPRD menaruh harapan besar kepada Pj bupati baru yaitu Andi Muhammad Yusuf.

Acara serah trima Pj Bupati Buton Tengah periode 2022-2023 kepada Pj Bupati Buton Tengah periode 2023-2024. Foto: Mutarfin/Telisik

 

Senada, Pj Bupati Buton Tengah periode 2022-2023, Muh Yusup menyatakan, telah disaksikan bersama acara serah terima jabatan setelah setahun kepemimpinan di periode 2022-2023, jika setiap perjalanan ada titik akhirnya.

"Maka saya melalui momentum berbahagia ini mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Buton Tengah, dan tentunya angota DPRD atas dukungan dan kebersamaan selama setahun ini, sehingga dapat berjalan dengan lancar hingga akhir masa jabatan kami," jelasnya.

Ia menambahkan, sebagai capaian dan lompatan besar yang menjadikan Buton Tengah mencapai perubahan yang nyata, dapat dilihat dari berbagai capaian yang diraih, sejak awal kepemimpinannya, yaitu:

1. Bisa sama-sama menyelesaikan kantor pemerintahan Labungkari untuk dapat dibangun kantor yang sejak 8 tahun daerah itu mekar, belum sama sekali terselesaikan.

2. Di sektor pengembangan koperasi dan UMKM, juga mampu bersama-sama memperkenalkan dengan hadirnya Menteri Koperasi dan UMKM, serta cikal bakal mempromosikan lobster.

3. Melalui angaran koperasi dan UMKM pemda mendapatkan bantuan pembangunan SPBU khusus untuk nelayan sebanyak 2 yunit melalui APBN, pelatihan peningkatan koperasi melalui DAK.

4. Di bidang infrastruktur kebencanaan, akan mendapatkan alokasi angaran sebesar Rp 47 miliar melalui angaran BNPB pusat yang tersebar di Kecamatan Talaga Raya dan sebagian penguatan ekonomi nelayan, yaitu bantuan atau pengadaan karamba lobster.

5. Bidang kepariwisataan, mampu membangun home stie di beberapa destinasi wisata yang direncanakan sebagai hasil pendapatan daerah, diharapkan Buton Tengah menjadi masa depan kepariwisataan Indonesia.

6. Bidang keagamaan, telah memberangkatkan tiga imam kecamatan melaksanakan ibadah umroh secara gratis.

7. Bidang keuangan, mampu mempertahankan predikat WTP terhadap pelaksanaan APBD tahun 2022 oleh Badan Pemeriksa Keuangan.

Baca Juga: Keseriusan Pemda Buton Tengah Tekan Angka Stunting, Sekda Pimpin Rapat Konvergensi

Kata dia, di satu sisi ia mengakui masih banyak ketidak sempurnaan selama menjabat sebagai Pj bupati, oleh itu Muh Yusup memohon maaf yang sebesar-besarnya.

Pj Bupati Buton Tengah periode 2023-2024 Andi Muhammad Yusuf menyatakan, dalam pelaksanaan pembangunan ke depan ada beberapa isu yang menjadi catatan bersama dan selesaikan bersama. Iti menjadi arahan Presiden.

"Pertama terkait pengendalian inflasi, kedua tentang penurunan angka kemiskinan ekstrem, selanjutanya fokus penurunan stanting, perhatian pada infestasi daerah," jelasnya. (B-Adv)

Penulis: Mutarfin

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga