Setiap Musim Hujan, Desa Lasembangi Buton Langganan Banjir

Iradat Kurniawan, telisik indonesia
Senin, 20 September 2021
0 dilihat
Setiap Musim Hujan, Desa Lasembangi Buton Langganan Banjir
Kondisi Desa Lasembangi di Buton saat kebanjiran. Foto: Ist.

" Camat Kasali, La Ode Zahaba mengatakan, khususnya di daerah perkebunan warga ataupun sebagian wilayah desa tersebut memang sudah biasa kebanjiran saat musim hujan. "

BUTON, TELISIK.ID - Desa Lasembangi, Kecamatan Lasalimu, Kabupaten Buton selalu menjadi langganan banjir saat musim hujan.

Camat Kasali,  La Ode Zahaba mengatakan, khususnya di daerah perkebunan warga ataupun sebagian wilayah desa tersebut memang sudah biasa kebanjiran saat musim hujan.

"Kalau sudah hujan satu hari itu pasti desa akan kebanjiran," katanya saat dikonfirmasi Telisik.id melalui sambungan telepon, Senin (20/9/2021).

La Zahaba juga menerangkan, banjir tersebut disebabkan selain daerahnya rendah dengan dialiri oleh sebuah sungai, juga karena perambahan hutan yang ada di sekitar desa tersebut membuat air yang turun dari gunung tidak meresap.

Baca juga: Kasus Dugaan Penyalahgunaan Dana COVID-19 Butur, Polda Sultra Didesak Tetapkan Tersangka

Baca juga: Warga Konsel Keluhkan Gagal Dapat Kartu Prakerja

"Kalau drainase memang sudah ada tapi belum memadai," ujarnya.

Dari pemerintah daerah Buton melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana, kata La Ode Zahaba, juga sudah pernah menurunkan alat untuk membuat drainase baru tapi belum juga memadai.

"Kami sudah usulkan ke pemerintah Kabupaten Buton untuk membuat drainase, tapi belum turun anggaran karena Pandemi COVID-19," tuturnya.

Pihaknya pun, lanjut dia, selalu mengimbau warga untuk tidak membuang sampah sembarangan dan selalu membersihkan selokan, serta meminta pemerintah daerah supaya dibuat drainase tembus ke laut.

"Saya juga mengharap siapa tau ada dari pemerintah provinsi atau dari pusat membantu pemerintah daerah untuk membuat drainase karena sementara masih mengandalkan dana desa," ucapnya. (C)

Reporter: Iradat Kurniawan

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga