Shiziguan Water Highway, Jalan Unik di China Bagaikan Berpijak di Atas Air

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 01 November 2023
0 dilihat
Shiziguan Water Highway, Jalan Unik di China Bagaikan Berpijak di Atas Air
Jembatan apung yang dibangun oleh Shiziguan Resort menawarkan sensasi berjalan bahkan berkendara di atas udara. Foto: Instagram @Infomamuju

" Tidak seperti jembatan gantung pada umumnya yang hanya bisa dilewati manusia, jembatan apung di China mampu dilalui oleh kendaraan, bahkan hingga beroda empat "

BEIJING, TELISIK.ID - Tidak seperti jembatan gantung pada umumnya yang hanya bisa dilewati manusia, jembatan apung di China mampu dilalui oleh kendaraan, bahkan hingga beroda empat.

Jembatan apung yang bernuansa kayu itu berada di Provinsi Hubei, Cina. Jembatan tersebut dibangun oleh Shiziguan Resort yang menawarkan sensasi berjalan bahkan berkendara di atas udara seperti dikutip dari Jakartainsider.id.

Jembatan ini juga memberikan pemandangan yang tidak biasa. Jembatan ini terapung di atas perairan biru yang sangat mempesona dengan keindahan yang memukau dipenuhi dengan hutan rimbun, hijau, dan merasakan jalan yang seperti bergelombang seakan-akan menciptakan perasaan tenang ketika melintasi jembatan ini.

Baca Juga: Korban Tewas di Gaza Usai 25 Hari Dibombardir Israel Terus Bertambah

Penampakan ketika dilewati kendaraan pun membuat jembatan menjadi bergelombang mengikuti arus udara saat kendaraan roda empat tersebut melintas. Meski tampak seram dan terlihat tidak nyata, akan tetapi keberadaan jembatan apung di China ini sudah menjadi perbincangan masyarakat.

Dilansir dari Viva.co.id, yang menarik dari jembatan apung yang lebih dikenal dengan "Shiziguan Water Highway atau Shiziguan Water Plank Road" adalah jembatan ini memiliki panjang sekitar 500 meter dan lebar 4,5 meter yang dapat menampung 10.000 orang berjalan pada saat yang bersamaan.

Dilansir dari zhynetrick.com, Konstruksi jembatan apung China melibatkan beberapa tahap penting. Pertama, analisis menyeluruh dilakukan untuk menentukan titik pemasangan tiang penyangga.

Setelah itu, tiang penyangga dipasang dengan menggunakan peralatan khusus yang memungkinkan pemasangan yang presisi. Selanjutnya, struktur jembatan dipasang dengan menggunakan teknologi beton pra-tanam. Setelah semua tahap selesai, uji coba dilakukan untuk memastikan kekuatan dan kestabilan jembatan.

Meskipun teknik jembatan apung China telah mencuri perhatian dunia, beberapa ilmuwan barat tetap meragukannya. Mereka berpendapat bahwa teknik ini belum memiliki dasar ilmiah yang kuat dan menganggapnya sebagai keajaiban yang sulit dipercaya.

Baca Juga: Imbas Serang Palestina, Israel Dihapus dari Peta

Namun, para pendukung jembatan apung China membantah argumen tersebut dengan mengatakan bahwa teknik ini telah terbukti melalui pengujian yang ketat dan merupakan hasil dari inovasi dan pemikiran kreatif.

Orang-orang yang menggunakan jembatan ini dapat melakukan melalui jembatan tersebut sekaligus menikmati keindahan alam yang tersaji. Sehingga pengunjung atau pengendara dapat menikmati suasana yang asri nan indah.

Jembatan ini menjadi salah satu jembatan spektakuler di dunia yang menyita banyak perhatian dari banyak turis lokal maupun internasional. Jadi ketika Anda berkunjung di China, jembatan apung ini bisa menjadi salah satu daftar liburan atau perjalanan anda. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga