Siap Amankan Pemilu, Dandim/1429 Buton Utara Tekankan Tak Ada Lagi Polarisasi Pemutus Silaturahmi

Rina Gayatri, telisik indonesia
Selasa, 12 September 2023
0 dilihat
Siap Amankan Pemilu, Dandim/1429 Buton Utara Tekankan Tak Ada Lagi Polarisasi Pemutus Silaturahmi
Dandim 1429/Buton Utara, Letnan Kolonel Inf Acuk Andrianto, gelar ngopi bareng bersama KPU, Bawaslu, tokoh masyarakat, tokoh agama dan insan pers. Foto: Rina Gayatri/Telisik

" Menjelang Pemilu 2024, Kodim 1429/Buton Utara siap mengamankan jalannya pemilu agar berjalan dengan tertib "

BUTON UTARA, TELISIK.ID - Menjelang Pemilu 2024, Kodim 1429/Buton Utara siap mengamankan jalannya pemilu agar berjalan dengan tertib.

Komandan Kodim 1429/Buton Utara, Letnan Kolonel Inf Acuk Andrianto menerangkan, berkaitan dengan pesta demokrasi pada 2024 mendatang, diharapkan dapat berjalan dengan tertib dan aman, tidak ada lagi polarisasi. Ia berharap tidak ada jembatan pemutus antara saudara atau teman.

"Di mana kita ketahui sendiri kemarin pada Pemilu 2014 kemudian pada Pilpres 2019 ada yang suami-istri karena beda pilihan akhirnya bercerai. Kemudian ada adik-kakak, karena pilihannya beda akhirnya bertengkar. Ini yang kita tidak harapkan di Pemilu 2024," pintanya saat ngopi bareng bersama KPU, Bawaslu, tokoh masyarakat, tokoh agama dan insan pers, Selasa (12/9/2023).

Baca Juga: SSB Elang Buton Utara Wakili Sulawesi Tenggara di Kejuaraan Sepak Bola Anak Tingkat Nasional

Acuk Andrianto meyakini, dengan bertambah dewasanya masyarakat dalam berdemokrasi pada pelaksanaan pemilu selama beberapa kali, maka masyarakat sudah bisa mengerti dan memahami akan arti demokrasi yang sesungguhnya.

"Jadi tidak harus ini pilihan saya, maka ini yang terpilih," ujarnya.

Begitu juga dengan Pilkada 2024, ia harapkan di Buton Utara bisa berjalan dengan tertib dan aman.

Tempat sama, Ketua KPU Buton Utara,  Munarsy mengatakan, soal penyelenggaraan pemilu, tahapannya kurang lebih 5 bulan lagi sudah masuk pada tahapan inti.

"Pasca pelaksanaan Pemilu dan Pilkada 2019, kerawanan pemilu di Buton Utara sudah aman dan kondusif," ucapnya.

Ia mengungkapkan, hal itu berkat kerja sama pihak keamanan dalam hal ini TNI/Polri, serta kesadaran masyarakat secara bersama-sama, bukan kesadaran sepihak.

"Artinya, mulai dari generasi muda sampai generasi tua mempunyai tanggung jawab dalam rangka menyukseskan penyelanggaraan pemilu di Kabupaten Buton Utara," terang Munarsy.

Ia juga meminta kepada masyarakat untuk memberikan informasi terkait hal-hal yang bisa mengganggu pelaksanaan penyelenggaraan pemilu. Mulai dari kampanye, distribusi logistik maupun saat hari H pemilihan.

Sementara, Ketua Bawaslu Buton Utara, Yayan Irawan menyampaikan tiga tugas utama Bawaslu, yakni pengawasan, penindakan dan pencegahan.

"Dalam proses pencegahan ini menyangkut netralitas ASN dan TNI/Polri, maka yang dilakukan adalah berkoordinasi dengan instansi terkait, baik itu pimpinan Kodim 1429/Buton Utara, Polres dan bupati," tuturnya.

Baca Juga: Operasi Zebra Anoa di Buton Utara, Berikut 7 Jenis Sasaran Pelanggaran

Kemudian dari sisi pengawasan, Yayan mengatakan, Bawaslu mempunyai keterbatasan dengan cakupan tugas yang cukup luas dan besar, maka ia mengajak seluruh tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh adat, serta insan pers untuk bersama-sama mengawasi jalannya pemilu dan pilkada di Buton Utara.

Sementara dari sisi penindakan, ia menerangkan, sesuai dengan peraturan yang ada, ketika ada pelanggaran ataupun kesalahan dalam proses penyelenggaraan pemilu, ia berharap kepada masyarakat untuk jangan ragu menyampaikan kepada Bawaslu.

"Pintu Bawaslu terbuka 24 jam untuk menerima laporan dan aduan masyarakat," pungkasnya.

Dalam kegiatan ngopi bareng itu turut dihadiri Lakina Kulisusu La Ode Ahlul Musafi, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Agus Pria Budiana, Kadis Pertanian Yusuf, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Buton Utara Islahudin, Camat Kulisusu Sukman Tarima, dan para tamu undangan lainnya. (A)

Penulis: Rina Gayatri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga