Siap-Siap Miliki Mobil Terbang, China Bakal Jual Akhir Tahun 2024

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 28 Januari 2024
0 dilihat
Siap-Siap Miliki Mobil Terbang, China Bakal Jual Akhir Tahun 2024
Dimensi mobil terbang ini hadir dengan suguhan besar serta dibekali dengan wheelbase yang panjang. Foto: Repro Otodriver.com

" Perusahaan China akan memproduksi massal mobil terbang, dan akan mulai dijual akhir tahun 2024 "

SHANGHAI, TELISIK.ID - Perusahaan China akan memproduksi massal mobil terbang. Teknologi mobil terbang mulai diperkenalkan sejumlah produsen di CES 2024, termasuk Xpeng Aeroht, anak perusahaan pembuat kendaraan listrik China, Xpeng Motors.

Xpeng telah memiliki hak paten untuk mobil terbang. Ini merupakan kelanjutan dari pengembangan yang mereka lakukan pada 2016 lalu. Meski banyak yang mengatakan ini tidak mirip dengan mobil terbang, melainkan lebih menyerupai drone besar, tetapi menurut keterangan perusahaan, mobil tersebut masih bisa digunakan pada jalan umum.

Melansir Otodriver.com, desain mobil terbang masih memiliki tampilan yang sama dengan mobil pada umumnya. Hanya saja, di bagian atap dan bagian atas bagasi, telah dilengkapi dengan batang yang berfungsi untuk mengangkat mobil ke udara.

Dimensi mobilnya hadir dengan suguhan besar serta dibekali dengan wheelbase yang panjang pula. Di depannya, mobil terbang XPeng AeroHT dibekali dengan lampu LED berbentuk X, serta ada dua wiper yang ditempatkan di bagian kaca untuk menyapu kotoran atau air hujan.

Baca Juga: Intip Warna Mobil Tahan Matahari, Bikin Kabin Tetap Adem

Dilansir dari Rmol.id, Xpeng mengatakan, mobil terbangnya akan mulai bisa dipesan akhir tahun ini, dengan pengiriman dimulai pada akhir tahun 2024. Kendaraan Xpeng bukan satu-satunya kendaraan terbang yang dipamerkan di pameran teknologi konsumen CES di Las Vegas, namun perusahaan tersebut menjadi satu-satunya yang memberikan batas waktu penjualan komersial.

Dijuluki Land Aircraft Carrier, kendaraan modular ini terdiri dari dua segmen: modul terbang untuk transportasi ketinggian rendah dan modul roda enam untuk digunakan di darat. Kendaraan ini pertama kali akan dijual di China dengan harga lebih dari 1 juta yuan (sekitar Rp 2,1 miliar rupiah).

Baca Juga: Pre Book Mobil Listrik Wuling BinguoEV Masih Berlangsung, Konsumen Bisa Dapatkan Electric Icon Priority Pack

Syarat pembeli harus dapat menerbangkan kendaraan tersebut di area uji coba yang ditentukan terlebih dahulu. Meskipun sebagian besar perusahaan global menyasar sektor bisnis dan layanan publik, Xpeng menargetkan pasar konsumen.  

Sebagai penggerak yang dapat mengangkat mobil ini, rotor ditempatkan di bagian atas. Para engineer XPeng juga telah memberikan sebuah pengunci yang agar baling-baling masih tetap aman ketika mobil digunakan melaju di jalan raya. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga